Website counter

Jumat, 01 Oktober 2010

Tepat Guna

Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu ia berangkat. Matius 25 : 15

Bacaan : Matius 25 : 14 – 30

Saya memiliki teman-teman yang memiliki handphone bermerk dan cukup high-tech seperti Nokia N-95, Blackberry, dan BlueBerry yang memiliki fasilitas seperti GPRS, WAP, MMS, Bluetooth, bisa untuk membuka e-mail dan chating. Intinya handphone mereka jauh lebih canggih daripada handphone saya yang hanya bisa untuk SMS dan menelepon. Nah, satu hari saya meminjam salah satu blackberry teman saya untuk membuka blog. Dengan garuk-garuk kepala, teman saya berkata dia tidak tahu caranya membuka blog atau website melalui hanphonenya. Sekarang gantian saya yang bengong. Saya lalu bertanya selama ini blackberry-nya di pakai buat apa? Sambil cengar-cengir dia menjawab hanya digunakan untuk mendengarkan MP3, sms-an dan menelepon. Saya pikir kasihan sekali blackberry-nya karena tidak berfungsi maksimal.

Banyak diantara kita memiliki hp yang keren dan canggih, namun sayang beberapa diantara kita menggunakannya dengan tidak maksimal. Kita beli hp canggih dan mahal hanya demi sekedar gengsi plus supaya orang lain menganggap kita tahu teknologi, padahal belum tentu. Sama seperti hp canggih dan mahal, namun tak berfungsi maksimal karena kita tidak menggunakan fiturnya atau tidak tahu cara menggunakan fitur itu, demikian pula talenta yang Anda punya. Mengapa banyak orang bisa sukses menjadi pengusaha, artis, penulis, penyanyi, atlit dan lain-lain, sedangkan di sisi lain banyak orang yang biasa-biasa saja dalam menjalani hidup? Semua itu sesungguhnya kembali ke diri kita masing-masing. Tuhan sudah membekali kita semua dengan beberapa talenta, tinggal sekarang bagian kita. Apakah kita mau menggali, mengasah dan memaksimalkan talenta yang ada sehingga hidup kita menjadi berkat dan kita bisa mencukupkan segala kebutuhan kita dengan talenta itu? Atau, kita malas belajar dan tak mau memaksimalkan talenta yang ada sehingga hidup kita selalu berkekurangan dan kita hanya menjadi individu yang biasa-biasa saja? Setiap orang sesungguhnya adalah pemenang, namun yang membedakan seseorang menjadi orang gagal atau sukses hanyalah satu yaitu tindakan apa yang dia perbuat. Tindakan yang Anda ambil untuk memaksimalkan segala talenta yang Tuhan berikan akan membuat Anda menjadi orang sukses dan hebat. Gali dan kembangkan talenta Anda. • Richard T.G.R

Tidak ada komentar:

Posting Komentar