Website counter

Jumat, 29 Oktober 2010

Pergaulan

Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik. I Korintus 15 : 33

Bacaan : Amsal 13 : 20

Kutu loncat adalah binatang yang memiliki lompatan paling tinggi dibandingkan dengan serangga yang lain. Binatang ini bisa meloncat 300 kali dari tinggi badannya. Walaupun demikian, sebuah percobaan yang dilakukan terhadap kutu loncat membuat kesimpulan yang sungguh unik. Seekor kutu loncat dimasukkan ke dalam sebuah korek api dan dibiarkan berada dalam kotak itu untuk beberapa waktu lamanya. Jadi setiap kali kutu loncat ini meloncat, maka ia selalu membentur kotak korek api ini. Setelah kutu loncat dikeluarkan dari kotak korek api ini, berapa tinggi loncatannya sekarang? Tidak lebih tinggi dari tinggi kotak korek api yang selama ini mengurungnya.

Hikmat yang bisa kita ambil dari kisah kutu loncat ini adalah pergaulan dan lingkungan yang kita tempati sangat menentukan seberapa tinggi kita berhasil. Kalau Anda bergaul dengan orang-orang yang malas, pendiam dan pesimis, Anda pun biasanya memiliki sikap dan cara pandang yang hampir sama dengan mereka. Kalau Anda bergaul dengan orang yang biasa omong jorok, kasar atau tidak tahu sopan santun, Anda pun biasanya akan mengikuti cara bicara mereka. Kalau Anda bergaul dengan orang yang suka shoping-shoping, boros, suka berhutang, Anda pun akan memiliki sifat seperti mereka. Kalau Anda bergaul dengan orang-orang yang rajin bekerja, selalu optimis menghadapi tantangan, memiliki impian yang besar, Anda pun akan memiliki energi positif yang sama dengan mereka. Seorang bijak pernah berkata : lebih baik menjadi orang paling bodoh dalam komunitas orang-orang jenius, daripada menjadi orang paling pintar dalam komunitas orang-orang bodoh. Kita yang bodoh lama kelamaan akan jadi jenius kalau bergaul dengan orang jenius. Sebaliknya orang paling pintar pun akan jadi bodoh kalau selalu bergaul dengan orang bodoh.

Pergaulan seperti apa yang Anda miliki saat ini? Firman Tuhan dengan sangat jelas berbicara kepada kita untuk benar-benar selektif dalam bergaul karena itu sangat menentukan apakah kita berhasil baik secara sekuler maupun rohani. Kalau hari ini Anda tinggal dalam lingkungan yang buruk, segeralah pergi dan cari pergaulan yang positif dan membangun. Di era yang canggih dan modern ini tidak susah kok menemukan pergaulan yang sehat. Anda bisa bergabung dalam group penulis rohani, group olahraga, group ministry kampus, group pecinta alam, dll. Gunakan masa hidup kita di dunia untuk melakukan tindakan yang positif dan berkualitas. Semua itu bisa terjadi kalau ditunjang dengan pergaulan yang benar. • Richard T.G.R

Tidak ada komentar:

Posting Komentar