Website counter

Jumat, 01 Oktober 2010

Penghasilan disertai Kebenaran

Lebih baik penghasilan sedikit disertai kebenaran, dari pada penghasilan banyak tanpa keadilan. Amsal 16 : 8

Bacaan : Amsal 16 : 1 – 10

Berita tanah air beberapa bulan belakangan ini memuat kinerja aparat kepolisian menggeledah tempat pengoplosan tabung gas elpiji dibeberapa tempat dan menangkap para pengoplosnya. Modus kejahatan ini adalah para pengoplos menyewa sebuah gudang besar yang mereka isi dengan ratusan bahkan ribuan tabung gas ukuran 3 kg dan 12 kg. Setelah itu, isi tabung gas ukuran 12 kg dipindahkan sebagian ke dalam tabung ukuran 3 kg. Dengan cara ini mereka mendapatkan keuntungan berlipat namun konsumen yang dirugikan karena membeli gas 12 kg tetapi hanya berisi gas 9 kg. selain merugikan, hal ini juga membahayakan konsumen. Karena saat mereka mengoplos gas, mereka kadang hanya menyambung dengan besi yang bisa merusak kedua ujung tabung gas. Kerusakan inilah yang turut menyumbang semakin banyaknya kasus ledakan gas diberbagai tempat.

Keadaan ekonomi yang dianggap sulit oleh sebagian orang, membuat orang rela melakukan cara apapun agar tetap hidup dan memperoleh keuntungan sekalipun harus merugikan bahkan membuat celaka orang lain. Cerita para pengoplos gas ini adalah salah satu contoh tindakan untuk memperoleh panghasilan banyak tanpa keadilan. Sebagai orang Kristen, bagaimana dengan cara kerja kita hari ini? Tuhan tentu tak menghendaki Anda dan saya memperoleh berkat atau uang dengan cara-cara yang tak patut karena Tuhan pasti memberikan semuanya itu kalau kita mau bekerja dengan jujur, bukannya merugikan orang lain. Tuhan paling benci kepada orang-orang yang sudah dia berkati melalui pekerjaannya, namun justru merugikan orang lain.

Menjadi orang yang benar dan jujur dalam apapun pekerjaan yang kita tekuni saat ini memang amat tidak mudah. Kita harus rela menanggung resiko hanya mendapat sedikit keuntungan dan cemooh bahwa kita adalah orang bodoh yang tak bisa mengikuti persaingan bisnis. Biarkan orang dunia berkata Anda bodoh, namun Tuhan bangga dengan apa yang Anda lakukan. Bisnis di dunia berasal dari Tuhan. kalau Anda bekerja sesuai dengan apa yang Tuhan inginkan, Tuhan bisa memberikan Anda rejeki berlimpah bahkan jauh lebih banyak daripada orang yang bekerja dengan cara curang. Percayalah, Tuhan itu adil dan Dia bangga dengan kebenaran yang Anda lakukan. • Richard T.G.R

Tidak ada komentar:

Posting Komentar