Website counter

Kamis, 25 Februari 2010

Serahkan Bebanmu

 By : Richard T.G.R

Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Matius 11 : 28


Bacaan : Matius 11 : 28 – 30


Kalau hari ini Anda di tanya, berapakah berat sebuah Aqua kecil, apa jawaban Anda? Sebagian besar kita tentu akan menjawab 240 ml dan jawaban Anda benar. Namun berat yang saya maksudkan di sini bukan masalah berat Aqua, namun seberapa berat Aqua itu Anda pegang dalam waktu yang lama. Kalau Anda memegang Aqua kecil itu dengan posisi tegak lurus tanpa bersandar selama 1 atau 2 menit, Anda tidak akan merasa bermasalah. Namun kalau Anda memegang Aqua kecil itu Selama setengah jam atau 1 jam, itu akan menjadi masalah. Tangan Anda akan pegal-pegal dan merasa sangat berat memegangnya walaupun bobotnya hanya 240 ml. Semakin lama Anda memegangnya, beban Aqua serasa makin bertambah walaupun berat Aqua tetaplah sama.


Ilustrasi sederhana di atas sebetulnya berbicara tentang diri kita sendiri. Setiap kita tentu memiliki masalahnya masing-masing. Kita memiliki masalah dalam pekerjaan, dalam mendidik anak, dalam hubungan suami istri, dalam hubungan dengan masyarakat, dll. Selama kita hidup kita tidak akan pernah bebas dari masalah, namun pertanyaannya bagaimana respon kita menghadapi masalah itu? Banyak orang hari ini stress bahkan bunuh diri karena tidak mau belajar menyerahkan masalahnya pada Tuhan. Mereka hanya mengandalkan diri sendiri, kemampuan otak, otot, maupun finansialnya sehingga saat segala kemampuannya tak lagi mendukung, mereka depresi.

Sebagai orang-orang Kristen, kita harus beda dengan cara pandang orang dunia dalam menghadapi masalah. Serahkan segala masalah kita kepada Tuhan selain kita tetap berusaha karena Dia akan memberikan kelegaan. Masalah dan beban hidup sebetulnya tidak melebihi kemampuan kita mengatasinya, namun kalau kita menyimpan sendiri segala beban itu semakin lama, kitalah yang akan rugi sendiri dan Tuhan sedih melihat keadaan kita. Sudahkah Anda menyerahkan masalah dan beban hidup pada Tuhan serta tidak kuatir akan hidup Anda hari ini?         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar