Website counter

Senin, 08 Februari 2010

Kebersihan Rohani


By : Richard T.G.R

Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh. Mazmur 1 : 1

Baca : Mazmur 1 : 1 – 6


Pada bulan Juli tahun 1994, negara Zaire terkena wabah Kolera yang membunuh hampir 50.000 ribu penduduk dalam sekejab. Bantuan dari berbagai organisasi dunia tak mampu berbuat banyak pada waktu itu sehingga memakan korban jiwa sangat banyak. Kolera adalah penyakit infeksi bakteri dalam usus. Gejala pertama adalah sakit perut dan diare. Penderita Kolera bisa mengeluarkan cairan tubuh sebanyak lima belas liter dalam sehari, dehidrasi inilah yang paling mematikan. Keadaan alam Afrika yang kering dan terbatasnya air bersih membuat ribuan penderita kolera tidak tertolong. Kolera sebetulnya mudah di cegah dengan cara memakan sayuran yang steril dan minum air bersih. Kalau kita tetap mengkonsumsi makanan dan minuman yang kurang bersih maka jangan harap penyakit itu sembuh.

Apa yang kita makan menentukan siapa jati diri kita, kerohanian kita pun tak jauh berbeda. Hari-hari ini makanan rohani seperti apa yang kita masukan dalam hati kita? Apakah kita mengkonsumsi makanan rohani yang tidak bersih seperti kebencian, marah, tidak mau terbuka, dll? Tuhan dalam firman-Nya mengajarkan kepada kita untuk senantiasa memasukkan hal-hal yang benar agar kerohanian kita selalu sehat. Coba kita merenung sejenak, kalau kita setiap hari tidak mau makan sayur atau buah namun makan Fast food terus-menerus. Dalam beberapa hari ke depan kita tentu merasa tubuh tidak sehat, begitu pula dengan kerohanian. Kalau setiap hari kita memasukan ke pikiran hal-hal buruk, cepat atau lambat rohani kita akan sakit lalu mati. Hal-hal buruk seperti pornografi, percabulan, narkoba, perselingkuhan bisa masuk dalam pikiran tinggal bagaimana pilihan kita, menolaknya atau menerimanya.

Hari ini kalau sebagian kita merasa tidak sehat secara rohani dan membaca renungan ini, Anda belum terlambat untuk sembuh. Sama seperti penyakit kolera yang bisa sembuh dengan hanya memasukan makanan dan minuman yang bersih, masukkan hal-hal yang bersih dan kudus dalam hati Anda. Masukan dalam hati sukacita dan ucapan syukur walau krisis ekonomi melanda, masukan kesabaran saat pelanggan atau bos marah-marah, masukkan penguasaan diri saat teman kantor mengajak berbohong atau melakukan tindakan asusila. Kalau kita selalu memasukkan hal-hal yang baik dalam hati dan tubuh kita, rohani dan jasmani kita pasti sehat senantiasa.


* Di muat di Renungan Harian Spirit Girls – Mei 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar