Website counter

Senin, 08 Februari 2010

Jangan Tawar Hati

By : Richard T.G.R

Berkatalah Daud kepada Saul: "Janganlah seseorang menjadi tawar hati karena dia; hambamu ini akan pergi melawan orang Filistin itu." I Samuel 17 : 32

Baca : I Samuel 17 : 12 – 39

Dalam mencapai cita-cita yang tinggi, seringkali kita bukannya mendapatkan motivasi yang membangun, namun justru kritikan dan nasehat yang melemahkan. "Kamu mau jadi pemilik perusahaan? Jangan mimpi. Lihat dirimu, hanya lulusan SMA, karyawan biasa pula. Jangan menghayal terlalu tinggi, nanti sakit jatuhnya." Kritikan dan omongan seperti itulah yang kadang kita terima saat mengungkapkan harapan kita yang tinggi. Orang lain bukannya mendukung, tetapi melemahkan, dan celakanya,kita kadang lebih menuruti nasehat yang buruk sehingga tak berani mewujudkan mimpi kita.

Apapun mimpi Anda hari ini, mimpilah yang realistis dan bisa di capai sehingga orang yang tadinya merendahkan berbalik mendukung Anda. Daud waktu itu berkata kepada Saul untuk di ijinkan maju perang melawan Goliat, namun apa kata Saul? Kamu nggak mungkin menang, sudahlah, lupakan saja keinginanmu (I Samuel 17 :33). Saul melihat Daud hanya seorang bocah kecil pengembala kambing yang memakai baju perang saja tidak bisa berjalan, mana mungkin menang lawan Goliat, walaupun pada akhirnya Saul mengijinkan, saya percaya ia mengijinkan dengan setengah hati dan pasrah bahwa Daud pasti mati. Namun toh akhirnya Daud menang walaupun sepertinya mustahil. Saul dan tentara Israel yang tadinya mencibir dan merendahkan dirinya akhirnya balik mendukung dan menghantam orang Filistin sampai Gat dan Ekron (I Samuel 17 : 52). Kombinasi antara usaha dan iman percaya Daud akhirnya menghantar dia menjadi pemenang dan setelah melalui waktu yang panjang, ia menjadi raja.

Anda dan saya bisa sukses kalau mau usaha dan selalu mengandalkan Tuhan. Jangan jadikan cibiran dan kritik yang negatif melemahkan Anda, namun jadikan itu sebagai motivasi untuk membuktikan diri Anda bisa. Akan selalu ada omongan dan nasehat yang tidak membangun saat Anda ingin menjadi yang spesial dan lebih baik, namun respon Anda sendirilah yang menentukan apakah akan mundur atau mewujudkan mimpi menjadi kenyataan. Jangan tawar hati, orang-orang sukses yang Anda kenal hari ini pun bisa berhasil karena mereka tak membiarkan dirinya termakan kritik atau omongan negatif namun berusaha dengan tak kenal menyerah mewujudkan mimpi menjadi kenyataan.


* Di muat di Renungan Harian Spirit Woman – Agustus 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar