Website counter

Senin, 08 Februari 2010

Gengsi

By : Eva K. D

Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka. I Timotius 6 : 10

Baca : I Timotius 6 : 6 – 10


Meski kita semua tahu bahwa harta benda, jabatan, dan uang bukanlah satu-satunya jalan untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain, kita juga semakin melihat bahwa materi sudah menjadi tolak ukur untuk banyak situasi. Seakan sudah menjadi pelecehan sosial dan psikologis atas harga diri kita, bila kita tidak mengikuti arus gaya hidup di masyarakat. "Gengsi gua nggak beli blackberry, sementara temen-temen kantor pada pake," kata seorang teman ketika saya bertanya mengapa mengganti Hp N-95 nya yang dianggap jadul dengan BB. Tak heran banyak orang tak malu-malu menyetujui banyak aplikasi kartu kredit atau korupsi supaya mendapat pengakuan dan kantong tebal.

Setiap kita bisa saja terjebak dalam situasi dilematis untuk jaga "gengsi", terutama kita yang bekerja di bagian public figure. Pertanyaannya : maukah Anda mengambil uang yang bukan hak Anda bila nama keluarga Anda ternoda? Maukah Anda menyalahgunakan jabatan demi uang dan mati masuk neraka? Di sisi lain kita juga bisa melihat dan bertanya-tanya : demi apa para Marinir kita setia menjaga pulau-pulau terluar dengan gaji yang sangat minim? Demi apa seorang polisi jujur tidak mau terima sogokan sehingga jarang naik pangkat dan tak kunjung kaya? Demi apa seorang PNS yang jujur sampai pensiun tidak mau menerima uang cap dan membiarkan anak istrinya hidup dengan uang pas-pasan? Apa beda kita dengan Nelson Mandela, Martin Luther atau Mahatma Gandhi? Bukankah kita juga mengerti arti kejujuran?

Gengsi justru bisa didapat saat Anda memegang teguh semua perintah Tuhan walaupun seluruh dunia menentang Anda. Gengsi akan menjadi milik Anda bila bersikap ksatria dan berani bertanggung jawab atas apapun kesalahan yang Anda perbuat. Gengsi yang sejati akan Anda peroleh saat Tuhan berkata Anda pantas masuk kerajaan-Nya yang kekal karena setia melakukan perintah-Nya sampai akhir. Gengsi seperti apa yang Anda kejar saat ini?


* Di muat di Renungan Harian Spirit Girls – Februari 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar