Website counter

Senin, 08 Februari 2010

Jadilah Teladan


By : Richard T.G.R

Di Yope ada seorang murid perempuan bernama Tabita -- dalam bahasa Yunani Dorkas. Perempuan itu banyak sekali berbuat baik dan memberi sedekah.
Kisah Para Rasul 9 : 36

Baca : Kisah Para Rasul 9 : 36 – 43


Tuminah bukanlah nama seorang pengusaha kaya raya baru, bukan pula seorang artis yang sedang naik daun, bukan juga seorang pendeta yang memenangkan ribuan jiwa. Tuminah hanyalah salah satu orang yang bekerja di dapur umum Kota Padang untuk memberi makan para korban gempa. Tuminah pun sebetulnya salah satu korban gempa. Rumah kontrakannya rata dengan tanah dan ia pun terpaksa tinggal di tenda darurat. Namun ia tak mau larut dalam kesedihan. Ia mengabungkan diri dengan para relawan begitu dapur umum dibuka dan membantu memasak nasi, mie instant atau sarden kalengan. Tuminah senang dengan tugasnya. Baginya menolong orang lain adalah sesuatu yang menyenangkan walau harus berlelah-lelah tanpa mendapat upah. Kisah Tuminah hanyalah sepenggal kisah di antara ratusan kisah para relawan yang sekuat daya menolong para saudara kita di Sumatra Barat.

Tidak ada yang bisa menggantikan "kehidupan" sebagai alat paling efektif untuk memberitakan Injil. Bagaimana Yesus membawa pertobatan? Dengan teladan hidup-Nya yang di bagikan. Bagaimana gereja mula-mula memberitakan Injil? Dengan kehidupan murid-murid Yesus yang dibagikan juga. Bagaimana dengan hidup kita hari ini? Bukan masalah jabatan kita pendeta, pengerja, atau karyawan, bukan juga masalah sudah berapa lama kita dibaptis dan lahir baru, namun sudahkah hidup kita menjadi inspirasi dan teladan orang lain?

Hari ini banyak sekali orang Kristen kita jumpai dan tak sedikit pula orang non nasrani sesungguhnya ingin mengenal Yesus. Namun sayang, banyak hidup orang Kristen tidak menjadi teladan yang baik. Banyak orang Kristen hari ini hanya hebat secara teori Alkitab, namun kehidupan sehari-harinya tak beda jauh dengan orang dunia sehingga orang tidak respek saat mengajak mereka bergabung. Penginjilan paling efektif adalah dari hidup Anda sendiri, sudahkah hidup Anda menjadi garam dan terang dunia?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar