Website counter

Senin, 08 Februari 2010

Nama Baik

By : Richard T.G.R

Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar, dikasihi orang lebih baik dari pada perak dan emas. Amsal 22 : 1

Baca : Filipi 2 : 1 – 11


Berbicara mengenai nama baik, tentu semua orang ingin memilikinya. Tak peduli dia pejabat kaya raya yang doyan perempuan dan korupsi sampai seorang pendeta yang melayani gereja di pedalaman. Berita tanah air hari ini banyak menyoroti pejabat yang di duga korupsi atau di sidik habis-habisan oleh KPK. Apa yang biasanya di lakukan pejabat itu? Dia tentu akan mati-matian membela diri, dan sangat jarang ada yang terang-terangan mau mengaku. Kenapa bisa demikian? Karena mereka takut kehilangan nama baik. Masih lumayan kehilangan harta, bisa cari lagi. Namun kalau kehilangan nama baik, butuh waktu sangat lama untuk memulihkannya.

Sebagai Murid Yesus, nama baik adalah harga mati yang harus kita jaga supaya kita bisa memenangkan banyak jiwa untuk Tuhan. Contoh sederhananya begini, kita mengajak orang non nasrani datang ke gereja atau mempelajari Alkitab namun kita sendiri jarang ke gereja dan isi Alkitab bagi kita hanya teori dan tak pernah dilakukan, mana mungkin orang mau percaya omongan kita. Di sisi lain, posisi kita sebagai Murid Yesus akan makin sulit ketika dahulu kita memiliki reputasi yang buruk. Katakanlah kita mantan pembunuh atau pecandu narkoba yang kini bertobat, nama buruk yang kita sandang butuh waktu yang lama untuk memulihkannya. Tak peduli baik atau buruk nama kita di masa lalu, bagaimana cara kita saat ini untuk memiliki nama baik? Jadilah pribadi yang jujur, tulus, dapat dipercaya dan bertanggung jawab.

Yesus adalah teladan terbaik yang bisa kita tiru dalam menjaga nama baik. Walaupun Yesus semasa hidup di dunia dituduh menyesatkan orang, menghujat Allah, dan sebagainya, namun sampai hari ini kebenaran berbicara Yesus adalah pribadi paling berkarakter di dunia ini sehingga Allah menganugrahkan nama di atas segala nama. Menjaga nama kita tetap baik sangat susah, apalagi memulihkan nama yang sudah hancur jauh lebih susah. Jadilah Kristen yang memiliki nama baik dalam gereja maupun masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar