Website counter

Rabu, 10 Agustus 2011

Tergantung Pemakaiannya


Baca : Matius 14 : 13 – 21
Jawab mereka: "Yang ada pada kami di sini hanya lima roti dan dua ikan." (Matius 14 : 17)

Pohon jarak atau castor bean adalah salah satu tanaman paling mematikan di dunia. Pohon jarak bisa tumbuh di hutan, tanah kosong, maupun pantai, namun juga dikembangbiakkan manusia di perkebunan. Jika sesorang memakan satu atau dua saja biji jarak, orang itu bisa meninggal dunia 3 – 4 hari kemudian, karena bijinya mengandung racun yang disebut Ricin. Ricin akan menghentikan reproduksi sel-sel dalam tubuh manusia. Meskipun beracun, biji jarak kalau diolah bisa menghasilkan minyak pelumas. Dalam pengobatan tradisional, pohon jarak bisa dijadikan bahan obat-obatan.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, segala sesuatu yang berada di sekitar kita bisa menghasilkan sesuatu yang buruk atau yang baik, itu semua tergantung pada siapa pemakainya dan bagaimana cara memakainya. Morfin itu memberikan dampak positif kalau digunakan untuk proses operasi, namun morfin yang sama bisa merusak tubuh jika digunakan untuk menghilangkan stres. Internet memberikan dampak positif kalau digunakan untuk mencari referensi ilmu pengetahuan atau pekerjaan, namun internet yang sama bisa merusak moral jika digunakan untuk mengakses gambar-gambar porno.

Lima roti dan dua ikan terlalu sedikit untuk memberi makan lima ribu orang bagi para murid, namun bagi Yesus itu lebih dari cukup untuk mereka, bahkan sisa dua belas bakul. Kalau saat ini kita melihat dosa semakin merajalela karena adanya internet, ganja, komputer, atau media apapun, jangan anti dengan kemajuan teknologi. Begitu pula saat kita melihat ada saudara kita sesama Kristen melakukan suatu perbuatan yang menodai nama Tuhan, jangan kita mencaci atau menghakimi gerejanya dengan alasan gereja itu tidak becus menggembalakan jemaat.

Apapun yang Tuhan percayakan kepada diri kita saat ini, mari gunakan semuanya itu untuk menghasilkan hal-hal yang positif. Olah segala kemampuan yang ada sehingga nama Tuhan dipermuliakan dan orang-orang di sekitar kita hidupnya diberkati dengan apa yang sudah kita lakukan. {rtgr}

Catatan           : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Jumat, 05 Agustus 2011
Pertanyaan     : Tindakan-tindakan positif apa yang sudah aku lakukan?
Aplikasi          : Maksimalkan segala kemampuan yang ada.
Doa                 : Tuhan, ajar aku menggunakan segala sumber daya yang ada untuk memuliakan nama-Mu. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar