Website counter

Sabtu, 27 Agustus 2011

Menjadi Contoh


Baca : Filipi 3 : 17 – 4:1
Saudara-saudara, ikutilah teladanku dan perhatikanlah mereka, yang hidup sama seperti kami yang menjadi teladanmu. (Filipi 3 : 17)

Tahukah kamu perbedaan antara memberi contoh dan menjadi contoh? Walau sekilas sama aja, namun sangat berbeda. Kalau memberi contoh, kita hanya sekedar memberikan teori namun belum tentu kita menjadi pelaku dari contoh yang kita berikan atau ajarkan. Contohnya kita mengajari orang agar rajin bantu ortu, mengajari teori agar bisa menjadi mahasiwi berprestasi, or kita ngajarin orang gimana caranya memasak nasi kuning yang enak. Kita tahu secara teori namun belum tentu kita mampu melakukannya terus menerus. Sedangkan kalau menjadi contoh adalah kita tidak mengajari orang, namun orang lain yang belajar dari apa yang kita lakukan. Contohnya kita berhasil menjadi atlit bulu tangkis yang mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional. Kita tidak mengajari orang gimana cara kita berlatih atau metode apa yang kita lakukan untuk menang, namun orang lain yang mendatangi kita untuk bertanya dan belajar bagaimana kita bisa menang.

Apakah sebagai seorang Kristen kita memberi contoh atau menjadi contoh? Menjadi Kristen yang hanya memberi contoh itu mudah. Contohnya ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi. Mereka sangat hapal taurat, hebat dalam menjalankan liturgi ibadah, namun Tuhan mencela karena mereka tidak menjadi contoh. Paulus dengan percaya diri mengajak jemaat Filipi mengikuti teladannya karena dia tak hanya sekedar memberi contoh, namun menjadi contoh rasul yang taat. Meskipun mengalami berbagai aniaya dan cobaan, Paulus dengan penuh semangat tetap menginjil ke sana ke mari dan mendirikan jemaat-jemaat Tuhan di berbagai kota yang disinggahinya. Paulus sudah meneladani apa yang Yesus lakukan sehingga dia mengajak saudara-saudara seiman termasuk kita, dengan semangat melakukan apa yang sudah dia lakukan.

Untuk memenangkan banyak orang tak cukup hanya sekedar memberi contoh, namun hidup kita harus menjadi contoh bagi orang-orang yang belum kenal Tuhan. Orang-orang dunia hanya akan menganggap kita Kristen palsu kalau kita hanya pintar bicara Firman Tuhan, namun kita sendiri tidak menjadi pelaku dari Firman Tuhan itu sendiri. Mari kita isi hidup kita dengan menjadi teladan. • Richard T.G.R

Pertanyaan    : Apakah aku sudah menjadi contoh?
Aplikasi          : Jadilah contoh murid Yesus yang benar.
Doa                 : Tuhan, ajar aku menjadi contoh. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar