Website counter

Rabu, 10 Agustus 2011

Ketika Anda Gagal


Baca : Keluaran 2 : 23 – 25
Jadi sekarang, pergilah, Aku mengutus engkau kepada Firaun untuk membawa umat-Ku, orang Israel, keluar dari Mesir." (Keluaran 3 : 10)

Apakah Anda pernah melihat film documenter berjudul An Inconvenient Truth karya Albert Arnold Gore,Jr? Film ini membuka mata dunia tentang bahaya yang mengancam bumi akibat ketidakedulian manusia terhadap alam. Al Gore sendiri sempat menjabat sebagai Wapres AS selama dua periode dan menjadi tokoh pertama yang menggelar rapat kongres mengenai perubahan iklim, isu limbah beracun, dan global warming. Al Gore memang belum pernah menang pada pilpres, tetapi ia menjadi pahlawan lingkungan yang mendapat Nobel Peace Prize.

Dalam hidup ini, tidak selamanya Anda menang dalam setiap hal yang Anda perjuangkan. Sebaliknya, ketika Anda kalah dalam sebuah perjuangan, tidak berarti Anda kalah dalam perjuangan yang lainnya. Al Gore memang gagal menjadi presiden, tetapi ia berhasil menang bahkan dianggap sebagai pahlawan dalam kepedulian terhadap lingkungan. Aksinya memicu banyak orang untuk mulai peduli terhadap alam. Dalam Alkitab, Musa yang dikenal sebagai pemimpin besar juga pernah gagal. Ia gagal menjadi pahlawan setelah tindakannya membunuh orang Mesir ketahuan. Awalnya Musa merasa bahwa cara itulah yang paling tepat. Setelah itu, selama 40 tahun Musa hidup di padang gurun sebelum Allah memanggilnya lewat peristiwa semak belukar yang menyala. Kali ini, misi agar Musa membebaskan bangsa Israel dari perbudakan berhasil.

Sahabat Riang, jangan pernah merasa dunia berakhir ketika Anda gagal dalam sesuatu hal. Anda hanya perlu mencobanya lagi dengan cara yang berbeda atau mencoba sesuatu yang lain. Mungkin Anda memang tidak cocok jadi pedagang, tetapi Anda bisa saja hebat menjadi penulis. Anda bisa saja payah menjadi sales, tetapi  bisa saja Anda sangat hebat ketika menyanyi. Gagal bukan berarti semuanya berakhir. Mari bangkit! • Richard T.G.R

Catatan           : Renungan ini dimuat di Renungan Siang – Rabu, 24 Agustus 2011
Pertanyaan     : Apakah aku tidak mau mencoba lagi?
Aplikasi          : Mari bangkit.
Doa                 : Tuhan, berikan aku kekuatan agar kuat kembali. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar