Website counter

Senin, 29 Agustus 2011

Input Menentukan Ouput


Baca : Mazmur 1 : 1 – 6
Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. (Amsal 4 : 23)

Probiotik multivitamin adalah suplemen makanan yang mengandung bakteri baik yang hidup dan bermanfaat untuk memperbaiki keseimbangan flora usus (dominasi jumlah bakteri baik terhadap bakteri jahat dalam usus). Probiotik mempunyai peran luas dalam meningkatkan kemampuan sistim kekebalan tubuh, melindungi tubuh agar tidak mudah sakit dengan meningkatkan kemampuan sel darah putih untuk membunuh berbagai benda asing seperti virus, kuman dan meningkatkan kemampuan sel limfosit untuk membentuk antibodi, seperti dibuktikan dalam penelitian klinis. Probiotik adalah ‘bakteri baik’ yang menghasilkan anti mikroba alami. Bentuk makanan probiotik sangat beragam, bisa dalam bentuk susu fermentasi, yoghurt, keju, maupun jus yang difortifikasi dengan probiotik dan susu formula.

Apa yang kita masukkan dalam tubuh, itu pula yang menentukan seberapa sehat tubuh kita. Secara jasmani kita menjaga tubuh dengan selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi, lalu bagaimana cara menjaga tubuh rohani? Menjaga tubuh rohani sama seperti menjaga tubuh secara fisik, yaitu kita memasukkan informasi-informasi yang baik ke dalam pikiran kita. Kita membaca, melihat, dan mendengar sesuatu yang membangun seperti firman Tuhan, motivasi, ilmu-ilmu pengetahuan, dan kata-kata yang sopan.

Serangan virus ke tubuh rohani berupa lingkungan yang buruk, rekan kerja yang menyebalkan, tekanan ekonomi yang tinggi dan mood yang berubah-ubah tetap bisa kita hadapi dengan tenang kalau kita memiliki kerohanian yang baik. Kita pun akan merespon atau melakukan tindakan positif untuk mengatasi masalah yang ada. Keadaan menjadi berbalik kalau kita selalu mengisi hati dengan hal-hal buruk seperti amarah, iri hati atau dendam. Tindakan kitapun akan negatif dan kita merasa hidup kok selalu susah dan kita adalah manusia yang menderita.

Wanita, mari kita bangun tubuh jasmani dan rohani kita dengan hal-hal yang positif dan membuat kita semakin bertumbuh. Jauhi kebiasaan-kebiasaan dan pergaulan yang buruk sehingga kita bisa menghadapi hari demi hari dengan penuh sukacita dan setiap tindakan kita menjadi kemuliaan untuk nama Tuhan. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Rabu, 14 September 2011
Pertanyaan    : Apa yang selama ini aku berikan pada tubuh rohaniku?
Aplikasi          : Mari bangun tubuh rohani kita dengan hal-hal positif.
Doa                 : Tuhan, berikan aku petunjuk untuk selalu memasukkan hal-hal yang positif. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar