Website counter

Senin, 29 Agustus 2011

Pemasukan dan Pengeluaran


Baca : Lukas 15 : 11 – 16
Harta yang indah dan minyak ada di kediaman orang bijak, tetapi orang yang bebal memboroskannya. (Amsal 21 : 20)

Setiap orang tentu memiliki penghasilannya sendiri-sendiri. Ada yang memiliki pendapatan besar seperti di atas sepuluh juta dan ada juga yang kecil seperti di bawah satu juta. Namun pernahkah kita bertanya, mengapa seringkali kita temukan kenyataan bahwa beberapa orang yang gajinya tergolong besar hidupnya justru berkekurangan dan terlilit hutang di sana-sini, sedangkan beberapa orang lain yang gajinya pas-pasan bisa mencukupi kebutuhan hidupnya bahkan tanpa perlu berhutang? Mengapa sebagian orang yang termasuk kategori kaya bisa gila atau bunuh diri karena stress, sedangkan sebagian orang miskin enjoy saja menikmati hidup?

Bicara masalah cukup atau tidak cukup, pendapatan dan pengeluaran kita memang akan sangat mempengaruhi. Namun, berapapun uang di tangan kita akan cukup bahkan berlebih bila kita bijaksana menggunakannya. Contoh sederhananya begini : kita setiap bulan memiliki pendapatan tiga juta. Kita harus bayar sekolah anak, membeli sembako, membayar ini dan itu, dll. Kalau kita membagi tiga juta itu dengan tepat, maka semua kebutuhan kita akan tercukupi bahkan bisa menabung, namun kalau kita menghamburkan uang tiga juga itu untuk beli tv baru atau hp baru yang harganya di atas satu juta, alhasil tekor atau defisit lah kita.

Kita berkekurangan bukan karena pendapatannya yang kurang, namun penggunaan uang itu yang salah. Kisah anak yang hilang adalah contoh nyata bahwa sebanyak apapun harta atau pendapatan  akan ludes kalau kita foya-foya. Walaupun tiap bulan gaji kita puluhan bahkan ratusan juta, tetap saja kurang dan kurang. Namun kalau kita bijaksana menggunakan uang, pendapatan yang sedikit pun bisa cukup bahkan lebih karena kita tahu mana yang harus kita beli dan mana yang tidak, atau bisa di beli lain kali kalau ada uang lebih.

Wanita jadilah bendahara atau pengatur keuangan yang baik dalam keluarga. Berapapun pendapatan Anda setiap bulan, bijaksanalah mengatur dan menggunakannya. Tuhan sudah memberikan rejeki yang pantas untuk Anda, tinggal sekarang bagian Anda, bijaksana atau tidak Anda menggunakannya untuk mencukupkan segala kebutuhan? • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Sabtu, 10 September 2011
Pertanyaan    : Apakah aku bijaksana dalam mengatur keuangan?
Aplikasi          : Jadilah pengelola keuangan yang bijak.
Doa                 : Tuhan, bantu aku untuk memiliki penguasaan diri dan kebijaksanaan dalam mengelola keuangan. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar