Website counter

Sabtu, 27 Agustus 2011

Sama Tapi Beda


Baca : Yohanes 13 : 31 – 35
Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi. (Yohanes 13 : 35)

Tahukah kamu perbedaan antara kura-kura, penyu, dan terrapin? Kebanyakan orang menggunakan kata kura-kura, penyu, dan terrapin secara bertukar-tukar. Hal ini lumrah karena secara fisik keduanya hampir serupa. Mereka bertiga bernafas dengan paru-paru dan mempunyai tempurung yang dilapisi kepingan tanduk atau kulit halus. Mereka bertiga mempunyai penglihatan, pengecapan, dan peraba yang baik, namun pendengarannya sangat buruk. Yang jantan bersuara mirip dengkuran, sedangkan yang betina bersuara mendesis. Beberapa kura-kura raksasa bahkan dapat melenguh. Mereka makan segala jenis makanan. Untuk membedakan apakah kamu sedang berhadapan dengan kura-kura, penyu, atau terrapin itu gampang banget kok. Penyu adalah reptil laut sehingga hidup di laut lepas. Kura-kura adalah reptil darat sehingga bisa kamu pelihara di akuarium, sedangkan terrapin adalah reptil air tawar sehingga kadang bisa kamu jumpai di sungai.

Lalu bagaimana cara membedakan apakah orang yang kita jumpai seorang duniawi atau rohani, orang Kristen beneran atau simpatisan? Secara fisik semua orang sama. Kita makan-makanan yang sama, kita semua bekerja setiap hari untuk mencari nafkah, kita semua suka melakukan hobi-hobi tertentu, orang dunia maupun orang Kristen pun sama-sama ada yang sukses dan ada yang gagal dalam hidup mereka. Cara membedakannya adalah lihatlah kasih setiap orang yang kita jumpai.

Orang dunia hanya datang dan mau bergaul dengan kita kalau kita pun bisa memberikan sesuatu yang kiranya menguntungkan dirinya. Kalau orang Kristen dia akan selalu bisa mengasihi kita, sekalipun kita nggak bakalan bisa membalas kasihnya. Tuhan memberikan perintah baru kepada murid-muridNya sebelum Ia disalib, dan itu berlaku untuk kita semua, agar saling mengasihi. Kalau kita hari ini mengaku murid Yesus namun nggak bisa saling mengasihi dengan saudara-saudara kandung atau saudara-saudara seiman, kita patut bertanya sungguhkah aku seorang Kristen?

Orang bisa merasakan apakah kamu Kristen beneran atau gadungan dari seberapa tulus kamu mau mengasihi mereka. Apakah kamu selalu ada di kala suka dan duka, atau kamu hanya ada di saat mereka sedang senang dan berkelimpahan saja. Jadilah murid yang saling mengasihi karena itulah bukti kamu benar-benar murid yang melakukan perintah Tuhan. • Richard T.G.R

Pertanyaan    : Apakah aku seseorang yang mengasihi?
Aplikasi          : Kasihilah orang-orang di sekitar kita dengan tulus.
Doa                 : Tuhan, ajar aku mampu mengasihi dengan tulus. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar