Website counter

Senin, 22 Agustus 2011

Selalu Baru


Baca : Roma 14 : 13 – 23
Karena barangsiapa melayani Kristus dengan cara ini, ia berkenan pada Allah dan dihormati oleh manusia. (Roma 14 : 18)

Bagaimana jika makanan segar kita simpan berminggu-minggu dalam kulkas? Katakanlah kita menyimpan sayur kangkung atau beberapa ekor ikan gurami. Pasti bentuknya akan berubah, nilai gizinya berkurang dan sudah tidak layak dikonsumsi. Akibatnya jika kita tetap nekat memasaknya dan menghidangkannya pada seseorang, dijamin orang itu akan berkata masakan kita tidak enak dan bisa saja orang itu sakit perut. Secara logika kita tidak mungkin memberikan sesuatu yang tidak segar dan tidak sehat pada orang lain. Kita pasti akan selalu berusaha memberikan yang terbaik, yang baru, dan yang paling lezat agar orang yang menerima pemberian kita bersukacita dan semangat dengan apa yang sudah kita kerjakan.

Melayani pada dasarnya adalah kita memberikan apa yang kita punya kepada orang lain. Apapun pelayanan kita saat ini, cobalah kita bertanya pada diri sendiri, apakah saya memiliki sesuatu untuk diberikan kepada orang lain? Kedua, apakah sesuatu yang saya miliki itu benar-benar baru, segar, dan menyehatkan? Banyak orang hari ini rindu menginjil, rindu melayani Tuhan, rindu membuat rekan-rekan seiman semangat mengikut Tuhan, namun mereka tak mau terus menerus memperbaiki dan memperbaharui diri. Akibatnya pelayanan kita sekalipun dilandasi dengan tujuan yang mulia, dipandang orang sebagai pelayanan yang murahan. Memang menyakitkan namun inilah kenyataan yang sering terjadi. Apakah salah orang mengkritik pelayanan kita yang kurang maksimal? Tidak, justru diri kitalah yang harus memperbaiki diri. Kita harus mau belajar untuk selalu memberikan yang terbaik pada orang lain.

Tuhan senang kita ikut pelayanan, namun Tuhan akan lebih senang jika kita selalu memberikan sesuatu yang baru melalui pelayanan kita. Jika kita seorang usher gereja, cobalah pikirkan bagaimana membuat setiap tamu gereja merasa dilayani dengan baik, jika kita seorang konselor, cobalah pikirkan bagaimana caranya membuat orang yang kita bimbing semakin bertumbuh, dll. Tuhan selalu memberikan rahmat dan berkat yang baru setiap hari. Hendaknya kita pun bisa selalu memberikan sesuatu yang baru dan segar kepada setiap orang yang kita layani. Pastikan diri kita selalu fresh dan sehat secara rohani sehingga setiap orang yang menerima pelayanan kita diberkati. Selamat melayani! • Richard T.G.R

Pertanyaan    : Apakah yang sudah aku berikan?
Aplikasi          : Berikanlah sesuatu yang baru dan segar kepada orang lain.
Doa                 : Tuhan, ajar aku untuk selalu menjaga kesehatan rohaniku. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar