Website counter

Minggu, 28 Agustus 2011

Masakan Mama


Baca : I Korintus 13 : 1 – 13
Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. (I Korintus 13 : 4)

Sudah delapan tahun saya merantau ke kota Semarang. Selama hidup di Semarang, untuk masalah makan saya memasak dan membeli di warung. Jadi untuk nasi saya memasak sendiri menggunakan magicom, untuk lauknya saya biasa beli di warung. Kadang kalau saya malas memasak nasi, saya makan di warung. Meskipun makanan di warung-warung atau rumah makan yang saya kunjungi enak, namun saya merasa masakan Mama yang paling enak. Mengapa? Karena Mama memasak dengan kasih. Masakan Mama memang tidak semewah restoran, kadang hanya sayur kangkung atau bayam. Bumbu-bumbu yang digunakan pun terbilang murah dan sederhana. Namun bagi saya masakan itu paling enak karena ada kasih di sana. Sebagian kita yang merantau pun pasti mengamini hal ini. Sentuhan kasih bisa membuat sesuatu yang biasa-biasa menjadi luar biasa bagi yang menerimanya.

Kasih, betapa sering kita mendengar kata ini. Namun berapa sering kita memberikan sesuatu atau pertolongan dengan kasih? Bisakah kita membedakan pemberian yang mengandung kasih dengan yang tidak? Mudah, karena hati kita sendiri bisa merasakannya. Contoh sederhananya saat kita menerima pertolongan dari rekan kita yang terpaksa melakukannya. Mungkin ia ditekan keluarganya atau jaga gengsi. Kita bisa merasakannya dan di kemudian hari pasti menjaga jarak. Di lain hari kita jatuh saat mengendarai motor dan ada orang menolong. Dengan ikhas dia memapah kita ke tepi jalan, dan membelikan segelas Aqua. Kita bisa merasakan ketulusannya walaupun pemberiannya sederhana karena ada kasih di sana. Contoh tadi saya alami sendiri lima tahun lalu.

Sebagai murid Yesus, mari kita selalu melakukan segala sesuatu dengan kasih. Kasih bukan hanya sekedar di bibir, namun harus dipraktekkan. Mari kita membagikan kasih kepada siapa pun dan kapan pun sama seperti Tuhan yang tiada pernah berhenti mengasihi kita. • Richard T.G.R

Pertanyaan    : Apakah aku melakukan segala sesuatu dengan kasih?
Aplikasi          : Lakukan segala sesuatu dengan kasih.
Doa                 : Tuhan, ajar aku melakukan segala sesuatu dengan kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar