Website counter

Selasa, 31 Mei 2011

Rehat Sejenak

Baca : Markus 6 : 45 – 52
Setelah Ia berpisah dari mereka, Ia pergi ke bukit untuk berdoa.  Markus 6 : 46

Saat membuat tulisan ini saya sedang duduk-duduk menikmati sejuknya suasana udara di Taman KB Semarang. Kedatangan saya ke Taman KB bukan secara tiba-tiba namun sudah saya rencanakan sejak pagi. Jujur hari ini saya sedang kehabisan ide untuk menulis, jadi tidak ada salahnya bukan kalau saya rehat sejenak di sebuah taman? Sambil duduk-duduk, saya mengamati aktivitas yang terjadi di sekitar taman. Ada anak-anak SD yang bermain bersama guru mereka dekat kolam air mancur, ada beberapa siswa SMA yang asyik berinternet ria menggunakan Wifi gratisan dari beberapa gedung pemerintah yang mengitari taman itu, ada satu dua muda-mudi yang asyik pacaran, ada beberapa siswi yang asyik ngerumpi di dekat saya, ada pedagang-pedagang yang berjualan minuman, mainan anak, bahkan mie ayam untuk menyambung hidup, ada beberapa pengemis yang mengharapkan sedikit belas kasihan pengunjung taman, dan saya sendiri yang sibuk mencari inspirasi.

Melihat pemandangan dan peristiwa yang terjadi di sekitar saya, ada satu pelajaran yang saya dapat yaitu sesekali saya harus keluar dari aktifitas normal saya sebagai penulis yang duduk diam dalam kamar sambil mengetik artikel. Saya harus sering keluar dan duduk di tempat-tempat teduh dan berhawa segar agar mendapatkan kesegaran. Hal itu terbukti karena saat saya duduk tenang sambil membaca di taman ini, saya mendapatkan banyak sekali ide dan pelajaran hidup dari peristiwa yang saya lihat. Jiwa saya secara pribadi pun mendapatkan ketenangan di tengah deadline beberapa penerbit yang membuat kepala saya nyaris pecah.

Apakah saat ini Anda pun mengalami apa yang saya alami? Anda merasa penat dalam menjalani hidup Anda, anda merasa sangat bosan dengan rutinitas yang Anda lakukan, Anda merasa hidup dari ke hari kok rasanya sama? Cobalah yang saya lakukan, yaitu luangkan waktu sejenak untuk duduk tenang menikmati indahnya alam ciptaan Tuhan di sebuah taman atau tepian pantai. Tenangkan pikiran dan lihatlah kehidupan orang-orang yang lalu lalang di sekitar Anda, dengarkan percakapan mereka, rasakan apa yang mereka rasakan. Saya percaya pasti Anda akan mendapatkan kedamaian. Tuhan Yesus pun sering rehat sejenak setelah melakukan aktivitasnya menginjil ke sana ke mari. Ia pergi berdoa di tempat yang sunyi. Setelah itu Yesus kembali menemui murid-muridNya untuk kembali melakukan aktifitas yang lain. Cara Yesus keluar dari rutinitas terbukti sangat manjur karena tak pernah kita membaca Yesus cuti dari pelayanan-Nya karena lemah rohani atau sedang bad mood.

Ringkasnya : mari kita sesekali meluangkan waktu sejenak saat kita mengalami kelelahan baik secara fisik maupun jasmani. Nikmati alam maha indah yang sudah Tuhan sediakan untuk kita. Rasa penat dan bosan tak bisa kita hindari, namun kita bisa mengatasinya dengan rehat sejenak. • Richard T.G.R

Pertanyaan    : Apa yang aku lakukan saat jenuh dan bosan?
Aplikasi          : keluarlah dari rutinitas Anda dan rehat sejenak.
Doa                 : Tuhan, terima kasih untuk alam ciptaan tangan-Mu. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar