Website counter

Kamis, 19 Mei 2011

Otak Kita

Baca : Filipi 4 : 8 – 9
Kebodohan adalah kesukaan bagi yang tidak berakal budi, tetapi orang yang pandai berjalan lurus. Amsal 15 : 21

Mengapa kita memakai helm saat mengendarai sepeda motor? Mengapa para pekerja bangunan juga harus memakai helm proyek saat bekerja? Mengapa kamu tidak boleh memukul-mukul kepalamu sendiri atau temanmu? Mengapa kita semua harus melindungi kepala kita dengan baik? Kamu tahu jawabannya? Itu karena di dalam tempurung kepala kita ada benda bernama otak.

Otak merupakan sumber segala tindakan dan respon dari apa yang kita perbuat. Otak manusia berwarna merah jambu bercampur kelabu. Berat otak kira-kira 1/50 berat tubuh manusia. Jadi kalau berat badanmu 30 kilogram, berat otakmu hanya 6 ons. Otak manusia terdiri dari tiga bagian yaitu kanan, kiri, dan tengah. Otak bagian kiri mengendalikan tubuh bagian kanan, dan otak bagian kanan mengendalikan tubuh bagian kiri. Otak tengah untuk kecerdasan emosional. Pada setiap orang, kekuatan ketiga bagian otak ini berbeda. Orang yang otak kirinya lebih kuat, biasanya ia ahli matematika, pandai main catur dan pintar dalam pelajaran kimia. Sedangkan orang yang otak kanannya lebih kuat, biasanya pandai menggambar, menari, dan melukis. Pada hewan, otak bagian tengah yang berkembang. Otak ini mengatur gerak tubuhnya.

Jagoan Kristus, Tuhan memberikan kita otak yang jauh lebih cerdas dan lebih berbudi daripada mahluk ciptaan-Nya yang lain supaya kita bisa merawat dan mengelola bumi. Televisi, pesawat terbang, dan komputer merupakan hasil kerja otak manusia. Mari kita manfaatkan otak kita untuk berbuat baik dan menghasilkan sesuatu yang berguna bagi umat manusia. • Richard T.G.R

Catatan : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Junior – Jumat, 27 Mei 2011
Pertanyaan : Sudahkah kita menggunakan otak kita dengan bijaksana?
Aplikasi : Gunakan otak kita untuk memikirkan hal-hal yang positif.
Doa : Tuhan, terima kasih untuk otak yang aku punyai saat ini. Amin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar