Website counter

Kamis, 19 Mei 2011

Makna Kerja

Baca : Yohanes 5 : 1 – 18
Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Aku pun bekerja juga." (Yohanes 5 : 17)

Setiap orang pasti bekerja untuk memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya. Namun tidak semua orang memiliki makna kerja yang sama. Setidaknya ada 4 pandangan mengenai makna kerja yang hasilnya akan sangat mempengaruhi perilaku seseorang dalam bekerja. Pertama, memaknai pekerjaan sebagai sarana mendapatkan uang. Demi uang orang rela bekerja dengan cara apa saja (halal atau tidak halal), asalkan menghasilkan uang sebanyak-banyaknya. Kedua, memaknai pekerjaan sebagai kesempatan untuk melayani orang lain sehingga orang jenis ini akan bekerja dengan ketekunan untuk kebaikan bersama. Ketiga, memaknai pekerjaan sebagai sarana untuk mengembangkan minat-minatnya dalam suatu bidang. Entah itu seni, teknologi, pendidikan, dll). Orang rela berhari-hari melakukan uji coba karena menemukan kegembiraan dalam uji cobanya. Keempat, memaknai pekerjaan sebagai sarana untuk mendapatkan status sosial tertentu (menjadi bupati, PNS, atau kepala cabang di tempat kerja). Jika gagal mendapatkan status yang diinginkan, biasanya dia akan sangat kecewa dan melakukan segala cara untuk mendapatkan status itu.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, Anda sekarang memaknai pekerjaan seperti apa? Memang tidak salah Anda bekerja demi mendapatkan uang, meraih jabatan yang semakin lama semakin tinggi, membuat keluarga Anda sejahtera, dan orang-orang diberkati dengan pekerjaan atau lapangan kerja yang Anda tekuni. Namun jika kita memaknai pekerjaan dengan pandangan yang salah, yaitu cenderung duniawi, jangan heran Anda merasa diperlakukan tidak adil dan merasa kurang nyaman dalam bekerja. Kita iri melihat rekan kerja naik pangkat atau naik gaji, sedangkan kita tidak. Kita iri melihat koruptor memiliki uang miliaran rupiah tanpa perlu susah payah bekerja puluhan tahun.

Pekerjaan apapun yang Anda kerjakan hari ini adalah "ladang" yang Tuhan berikan untuk mencukupi segala kebutuhan Anda dan keluarga. Tanamilah "ladang" itu dengan bibit-bibit yang terbaik seperti cara Yesus bekerja, sehingga Anda tetap semangat bekerja walaupun menghadapi banyak tantangan dan Anda menuai hasil yang terbaik. • Richard T.G.R

Catatan : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Sabtu, 28 Mei 2011
Pertanyaan : Apakah aku menikmati pekerjaan yang diberikan Tuhan?
Aplikasi : Nikmatilah pekerjaan yang Anda miliki hari ini.
Doa : Tuhan, ajar aku untuk memaknai pekerjaan dengan kebenaran firman-Mu. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar