Website counter

Senin, 02 Mei 2011

Kunyit


Baca : Matius 25 : 14 – 30
Karena setiap orang yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan. Tetapi siapa yang tidak mempunyai, apa pun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya. (Matius 25 : 29)

Selama beratus-ratus tahun masyarakat Indonesia mengenal kunyit sebagai salah satu bahan untuk jamu. Sampai sekarang pun kunyit tetap digunakan sebagai bahan untuk membuat jamu, baik yang diminum secara langsung maupun dalam bentuk serbuk. Kunyit memiliki banyak manfaat seperti mampu menghaluskan dan mencerahkan kulit, mengatasi beberapa masalah yang dihadapi saat menstruasi, mencegah pembentukan batu empedu, mengurangi kram perut, meredakan nyeri bahu, dan mampu mencegah infeksi bakteri.

Walaupun kunyit murah dan mudah kita jumpai di pasar, kunyit memiliki banyak khasiat untuk pengobatan. Sama seperti kunyit, Tuhan menciptakan berbagai hewan, tumbuhan, dan manusia dengan tujuan yang baik. Tuhan menciptakan kita untuk melakukan hal yang berguna, sesuai dengan talenta yang kita punya. Masing-masing kita memiliki talenta yang berbeda-beda, namun kita pasti mempunyai talenta, walaupun mungkin cuma satu. Pertanyaannya sekarang, apakah kita sudah menggunakan talenta kita untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat atau untuk menghasilkan sesuatu yang negatif? Apakah kita menggunakan talenta itu dengan maksimal untuk sesuatu yang positif? Kita tentu masih ingat peristiwa pengeboman dua buah hotel di Jakarta pada tahun 2009. Orang-orang yang merakit bom itu diberi Tuhan talenta untuk meracik bahan-bahan peledak, namun sayang mereka menyalahgunakannya. Tentu Tuhan tak ingin kita menyalahgunakan talenta yang kita punya. Kunyit bisa digunakan sebagai obat alami karena dahulu nenek moyang kita mau mempelajari khasiatnya. Tuhan pun ingin kita menggali talenta yang kita punya jika sampai saat ini kita belum tahu dan kemudian mengolahnya dengan benar sehingga menghasilkan suatu perbuatan yang positif.

Ringkasnya : Apapun talenta yang Anda punya, gunakan talenta itu untuk memberikan pengaruh positif bagi orang-orang di sekitar Anda. Jadikan lingkungan lebih baik dengan talenta yang Anda kelola. • Richard T.G.R

Pertanyaan     : Sudahkah aku menggunakan talentaku untuk kebaikan?
Aplikasi          : Terus gali dan maksimalkan talenta yang Anda punya.
Doa                 : Tuhan, bantu aku untuk terus mencari dan memaksimalkan talentaku. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar