Website counter

Minggu, 29 Mei 2011

Marilah Tertawa


Baca : Amsal 15 : 13
Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang. Amsal 17 : 22

Menurut artikel kesehatan The Health Benefits of Laughter dalam situs Seniors Health Medicare, inilah beberapa manfaat positif tertawa bagi kesehatan, yaitu membantu mengurangi rasa sakit. Hal ini telah diteliti dr Lee Berk, Pengajar Bidang Kesehatan dari Loma Linda University, AS. Dalam penelitian yang dilakukan Berk terlihat bagaimana beberapa sampel darah dari responden yang telah diinformasikan tiga hari sebelumnya akan menonton film komedi, mengalami peningkatan. Kenaikan itu terjadi sebesar 27% pada hormon beta-endorphins, sebuah hormon alamiah yang menekan rasa sakit. Berk juga membuktikan bahwa tertawa dapat meningkatkan jumlah dan tingkat aktivitas natural killer cells. Untuk menyerang sel jahat, seperti kanker. Ia juga dapat membantu menangani infeksi saluran pernafasan atas, serta meningkatkan tingkat gamma interferon, sejenis protein yang mengaktifkan komponen-komponen penunjang sistem kekebalan tubuh. Manfaat lain tertawa adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini dibuktikan oleh Michael Miller MD FACC, Direktur Bidang Kardiologi Preventif dari University of Maryland Medical Center, AS. Menurut Miller, dengan tertawa memungkinkan lapisan dalam pembuluh darah menjadi lebar. Otomatis, aliran darah berjalan lebih lancar, karena mampu mengurangi penyumbatan darah.

Ribuan tahun lalu sebelum penelitian tentang manfaat tertawa dilakukan para ilmuwan, firman Tuhan telah menulis tertawa itu adalah obat. Mungkin kelihatan sangat remeh kita tertawa, namun efeknya sangat baik untuk kesehatan secara fisik maupun jasmani. Rata-rata orang dewasa lebih sedikit tertawa dibanding anak-anak karena mereka sudah lebih banyak memikirkan perkara hidup yang berujung pada kekuatiran, iri hati, marah, merasa diperlakukan tidak adil, takut atau merasa gagal. Hal ini jelas sangat tidak baik karena Tuhan memberikan kita berbagai masalah tak akan melebihi kekuatan kita untuk menanggungnya dan Tuhan pun pasti memberikan jalan keluar. Celakanya, kadang kita mengandalkan diri sendiri sehingga stres dan tak mampu tidur semalaman, atau tak mampu tertawa melihat kejadian-kejadian lucu yang terjadi di sekitar kita.

Ringkasnya : seberat apapun masalah dan tekanan hidup menghimpit kehidupan kita, marilah kita belajar mampu tertawa untuk hal-hal baik yang Tuhan sediakan disekitar kita. Tuhan kita adalah Tuhan yang selalu optimis dan bisa tertawa, sehingga sebagai anak-anakNya marilah kita juga bisa tertawa sehingga muka kita berseri-seri dan selalu semangat menjalani hidup. • Richard T.G.R

Pertanyaan    : Apakah aku mensyukuri berkat-berkat Tuhan?
Aplikasi          : Bersukacitalah menjalani hidup.
Doa                 : Tuhan, terima kasih atas segala kebaikan-Mu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar