Website counter

Jumat, 01 Juli 2011

Tiroid


Baca : I Korintus 12 : 12 – 31
Malahan justru anggota-anggota tubuh yang nampaknya paling lemah, yang paling dibutuhkan. I Korintus 12 : 22

Tiroid adalah kelenjar mungil berbentuk seperti kupu-kupu yang terdapat di bawah jakun pria. Tiroid berfungsi mengatur ketepatan fungsi seluruh organ tubuh agar berjalan sebagaimana mestinya dan mengatur metabolisme tubuh. Tiroid memproduksi hormon-hormon yang mempengaruhi setiap organ, jaringan, dan sel-sel tubuh. Tiroid yang tidak aktif bisa menyebabkan penambahan berat badan, kelelahan, perubahan mood, dan depresi. Sedangkan tiroid yang terlalu aktif dapat mengakibatkan ketegangan syaraf, mudah marah, tidak tahan pada udara panas, gangguan tidur, dan periode menstruasi yang tidak teratur pada seorang perempuan.

Tiroid memang kelihatannya kurang penting kalau dibandingkan dengan jantung, paru-paru, atau otak, namun tiroid adalah organ tubuh penting. Semua anggota tubuh kita penting. Misalnya tiroid kita tidak aktif, maka kita akan mengalami obesitas. Sama seperti seluruh anggota tubuh yang semuanya penting, orang-orang yang berada di sekitar kita baik di kantor, di gereja, atau di lingkungan perumahan kita, semuanya memiliki peran penting. Kita sering membeda-mbedakan si A kurang penting, si B sangat penting, atau si C lumayan penting, karena kita hanya memandang dari kontribusi mereka yang bagi kita sepele. Contohnya kontribusi tukang sampah dipandang lebih rendah daripada kontribusi pelanggan kita, atau kontribusi marketing jauh lebih penting daripada kontribusi office boy dalam perusahaan tempat kita bekerja. Hal ini tentu tidak baik karena Tuhan ingin kita satu sama lain bekerja sama dan menghargai satu sama lain. Tuhan tidak pernah menciptakan bangsa atau suku tertentu lebih mulia daripada suku atau bangsa yang lain, namun Tuhan menciptakan semua orang lengkap dengan kelemahan dan kelebihannya agar saling mendukung.

Apapun posisi kita hari ini, mari kita sama-sama belajar menghormati dan menganggap penting semua orang. Tuhan saja tak pernah memberikan perlakuan yang berbeda-beda kepada kita, oleh karena itu hendaknya kita pun melakukan hal yang sama. Semua orang penting dan berharga, hormati dan hargai apapun yang mereka punya sehingga kita pun akan dianggap penting dan berharga oleh Tuhan dan sesama. • Richard T.G.R

Catatan           : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Sabtu, 9 July 2011
Pertanyaan     : Apakah aku menganggap penting semua orang?
Aplikasi          : Hormati dan hargai semua orang yang kita kenal.
Doa                 : Tuhan, bantu aku agar bisa menghargai setiap perbedaan. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar