Website counter

Kamis, 21 Juli 2011

Sukarelawan


Baca : Galatia 6 : 1 - 10
Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus. Galatia 6 : 2

Ketika terjadi bencana tsunami di Mentawai, banjir bandang di Wasior, dan erupsi Gunung Merapi di Jawa Tengah dan DIY pada tahun 2010 kemarin, banyak relawan baik dari dalam dan luar negeri datang membantu. Siapakah sukarelawan dan mengapa mereka sangat berguna di tengah bencana? Yuk kita belajar sama-sama.

Sukarelawan adalah seseorang yang rela meninggalkan pekerjaannya dan membantu meringankan beban para pengungsi di tempat terjadinya bencana. Untuk menjadi sukarelawan, biasanya kamu akan diseleksi dahulu. Sukarelawan harus sehat secara fisik dan jasmani, karena di tempat bencana mereka harus kuat bekerja dan gesit. Kalau sakit-sakitan justru malah merepotkan. Sukarelawan yang dikirim ke tempat bencana biasanya harus memiliki keahlian, sesuai dengan kebutuhan. Ada sukarelawan yang ahli membuat instalasi air bersih, ada yang bisa mengobati orang sakit (dokter), bisa mengevakuasi pengungsi, bisa memasak, bisa menghibur anak-anak, bisa membangun tenda, dll. Para sukarelawan bekerja keras tanpa pamrih karena mereka akan membangun tenda, menyiapkan dapur umum, membagikan makanan dan minuman, pakaian, obatan-obatan, dll. Mereka juga akan berusaha menghibur pengungsi dengan mendengarkan keluhan mereka. Oleh karena itu mereka harus pandai bergaul, mau mendengarkan, dan memiliki hati yang mengasihi.

Jagoan Kristus, menolong sesama yang kesusahan adalah salah satu perintah Tuhan. Kelak saat kamu dewasa, kamu pun bisa menjadi sukarelawan. Sekarang bagian yang bisa kamu lakukan untuk menolong adalah menyisihkan sebagian uangmu atau pakaianmu untuk disumbangkan melalui sekolah kepada para pengungsi. • Richard T.G.R

Catatan       : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Junior – Minggu, 10 juli 2011
Pertanyaan : Apakah aku mau mengasihi sesama?
Aplikasi      : Tolonglah sesama yang bisa kita bantu.
Doa             : Tuhan, lembutkan hatiku agar mau peduli dengan kesusahan orang lain. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar