Website counter

Minggu, 31 Juli 2011

Jangan Bohong

Baca : Kisah Para Rasul 5 : 1 – 11
Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu? Kisah Para Rasul 5 : 3

Seorang lelaki di Florida, Amerika Serikat, bernama Robert Luis Hales (39) ditahan polisi setelah diselidiki selama 8 bulan oleh kepolisian Stanford dan Georgia. Penyebabnya karena Hales merayu kawan dunia mayanya, anak perempuan berumur 14 tahun yang ternyata adalah polisi yang menyamar. Dia pun tidak menggunakan komputer pribadinya, tetapi menggunakan komputer kantor untuk menjalankan aksi rayuan gombal dan tindakan tidak senonoh. Menurut keterangan polisi, seorang polisi dari Gwinnet menyamar sebagai anak berusia 14 tahun dan mengobrol dengan Hales mulai September 2010. Tak hanya sekedar ngibul ke sana ke mari, Hales pun memperlihatkan (maaf) alat kelaminya melalui kamera komputer, dan hal itu dia lakukan beberapa kali. Akibat kelakuannya, akhir bulan April 2011 Hales ditangkap polisi dan ia kini harus mendekam di penjara.

Berbohong, setiap kita pasti pernah melakukannya sejak kita kecil sampai sekarang. Alasannya macam-macam, mulai dari untuk membela diri, untuk mendapatkan keuntungan, untuk mencelakai orang lain, dll. Kita pun tahu firman Tuhan mengajari kita untuk jangan berbohong dengan alasan apapun, namun sudahkah kita melakukannya? Jujur, memang sangat sulit untuk kita tak pernah bohong, saya pribadi pun kadang sadar maupun tak sadar jatuh dosa berbohong. Tuhan tahu tidak mudah untuk selalu berkata jujur, namun Tuhan ingin kita mau berusaha untuk hidup jujur.

Memang benar kita tak akan pernah bisa tidak melakukan dosa dalam satu hari sekalipun, namun Tuhan ingin kita berusaha melawan dosa dan hidup semakin serupa dengan Tuhan, atau memiliki karakter-karakter Tuhan. Yang semuanya itu baru kita dapat kalau setiap hari kita melatih diri hidup sesuai kebenaran firman, salah satunya berkata jujur. Ananias dan Safira mati di hadapan Petrus, padahal dosa yang mereka lakukan kelihatan sepele, karena mereka mendustai Roh Kudus. Mereka sudah tahu kebenaran firman, namun sengaja melanggar sehingga hukuman harus mereka terima.

Berkata jujur dalam dunia kerja memang sangat tidak gampang, khususnya bagi kita yang bekerja sebagai marketing. Sebagai murid Yesus itulah salib kita, yaitu kita berusaha selalu berkata jujur di tengah situasi yang tidak jujur. Memang sulit dan berat, namun Tuhan menghargai usaha kita untuk jujur. Teruslah bersikap jujur karena orang jujur semakin langka. Tuhan dan manusia sangat menghargai orang jujur, semoga orang itu adalah Anda. • Richard T.G.R

Pertanyaan    : Apakah aku seorang yang jujur?
Aplikasi        : Jadilah orang jujur.
Doa              : Tuhan, ajar aku agar hidup jujur. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar