Website counter

Senin, 25 Juli 2011

Teliti


Baca : Ibrani 2 : 1 – 4
Karena itu harus lebih teliti kita memperhatikan apa yang telah kita dengar, supaya kita jangan hanyut dibawa arus. Ibrani 2 : 1

Satu malam menjelang saya tidur, seorang teman mengirimkan sebuah sms berbunyi begini : ″Tes analogika, baca baik-baik. Pagi-pagi aku ada dua, siang aku cuma ada satu, kalau malam aku nggak ada. Trus aku ada di ujung api dan di tengah-tengah air. Tanpa aku dunia, bintang, mentari, dan cinta takkan pernah ada. Siapakah aku? Jawab ya, kalau Anda bisa berarti Anda orangnya sangat teliti. Good luck.″ Pada waktu membaca SMS ini, saya lalu berpikir dan kemudian menjawab matahari terbit di tepi pantai, dan jawaban itu salah. Teman saya lalu membalas sms saya dan berkata jawabannya adalah huruf ″i″. Jawabannya benar juga, dari pertanyaan itu, saya sadar bahwa dalam masalah ketelitian saya harus lebih teliti lagi karena ternyata saya orangnya kurang teliti

Firman Tuhan mengajarkan kepada kita agar kita menjadi pribadi yang teliti, dalam segala hal. Ketelitian akan membuat kita tidak hanyut dibawa arus dunia yang buruk dan membuat pekerjaan yang kita lakukan berhasil dengan hasil yang terbaik. Contohnya, ketelitian saat mengerjakan ulangan matematika akan membuat kita bisa menjawab semua soal dengan tepat. Ketelitian dalam kita meramu dosis bahan-bahan kimia untuk membuat obat akan menghasilkan sebuah obat yang mujarab. Ketelitian dalam membaca surat perjanjian akan mencegah kita mengalami kerugian akibat penipuan dalam perjanjian. Ketelitian kita dalam memilih pasangan hidup akan mencegah kita menyesal seumur hidup. Lalu bagaimana caranya kita menjadi seseorang yang teliti? Dengan terus menerus melatihnya. Seseorang bisa menjadi teliti dalam segala hal bukan terjadi secara instan, namun setelah mengalami latihan terus menerus. Contoh mudahnya, bagi kita yang suka meremehkan atau menganggap enteng dalam mengerjakan suatu perhitungan, kita mulai berlatih dengan mengerjakannya secara serius dan mengecek kembali.

Teliti adalah salah satu karakter yang harus kita miliki sebagai murid Yesus. Tuhan kita adalah Tuhan yang sangat teliti dalam menciptakan dan mengerjakan segala sesuatu, sehingga kita pun hendaknya menjadi seseorang yang teliti. Latihlah diri kita setiap hari untuk teliti dalam mempelajari firman Tuhan, dalam bekerja, dalam bergaul, dalam bertransaksi, dan aneka kegiatan lainnya. Jadilah pribadi yang teliti. • Richard

Pertanyaan : Apakah aku orang yang teliti?
Aplikasi     : Jangan pernah menyepelekan segala sesuatu.
Doa    : Tuhan, latih aku agar selalu teliti. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar