Website counter

Senin, 28 Februari 2011

Tips Menghilangkan Kejenuhan

Baca : I Raja-raja 19 : 1 – 8
Maka bangunlah ia, lalu makan dan minum, dan oleh kekuatan makanan itu ia berjalan empat puluh hari empat puluh malam lamanya sampai ke gunung Allah, yakni gunung Horeb. I Raja-raja 19 : 8

Banyak orang mengira bekerja freelance itu lebih asyik. Alasannya, lebih bebas menentukan waktu, tidak ada yang mengatur, tidak terikat sejumlah peraturan kerja dan kita bebas berekspresi. Namun, jangan pikir bekerja freelance selalu menyenangkan dan tak pernah mengalami kejenuhan. Ada masanya kita merasa bosan dan kehabisan ide. Akibatnya produktivitas kerja tidak maksimal karena kurang semangat. Agar kita tetap bisa produktif walaupun mengalami kejenuhan, berikut beberapa tips sederhana yang saya kumpulkan dari beberapa teman, yang semoga cukup membantu untuk menghilangkan kejenuhan.

Sesekali ubah ruang kerja. Meskipun pekerjaan freelance tidak menuntut lokasi pasti, mempunyai ruang kerja pribadi pastilah kita butuhkan. Cobalah ganti suasana dengan mengecat dinding ruangan atau menambahkan pernak-pernik.

Berpikirlah positif bahwa kejenuhan adalah hal biasa dalam pekerjaan apapun.
Tuntaskan masalah. Sering menunda-nunda membereskan masalah acapkali membuat kita malas menyelesaikannya karena sudah ruwet dan basi.

Manajemen waktu. Saat kita bisa menyeimbangkan antara pekerjaan, keluarga, ibadah dan hiburan, maka kita bisa selalu semangat dalam bekerja.

Berlibur. Jangan gunakan tiap hari hanya untuk kerja kerja dan kerja. Luangkan waktu satu atau dua hari berlibur ke satu tempat wisata atau melakukan hobi tanpa sama sekali memikirkan pekerjaan.

Olahraga teratur. Saat kita berolahraga tubuh akan melepaskan zat-zat yang membuat pikiran kita rileks.

Berbagi pekerjaan. Sewaktu pekerjaan terlalu banyak kita terima dan diluar batas kemampuan, berbagilah dengan teman atau saudara sehingga pekerjaan bisa selesai tepat waktu.

Datang pada Tuhan dan memohon kekuatan. Kejenuhan seringkali datang saat kita tanpa sadar mengandalkan diri sendiri dan mengesampingkan Tuhan. Selalu sertakan Tuhan ketika Anda mengerjakan segala sesuatu.

Kejenuhan akan selalu muncul dan menggoda kita untuk berhenti beraktivitas seperti yang di alami Elia, namun saat kita mau datang pada Tuhan dan menerapkan tips-tips sederhana di atas, niscaya kita akan tetap menjadi individu yang aktif sejenuh apapun tekanan kerja menghimpit. • Richard T.G.R

Pertanyaan     : Apakah kejenuhan membuatku mengalami kemunduran?
Aplikasi          : Berpikir positif dan kembali semangat.
Doa                 : Tuhan, ajar aku untuk kembali semangat menjalani pekerjaanku. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar