Website counter

Senin, 28 Februari 2011

Tidur

Baca : Mazmur 4 : 1 – 9
Dengan tenteram aku mau membaringkan diri, lalu segera tidur, sebab hanya Engkaulah, ya TUHAN, yang membiarkan aku diam dengan aman. Mazmur 4 : 9

Sanjay Patel MD, dari Case Western Reserve University di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat, melakukan studi selama 16 tahun yang melibatkan hampir 70.000 wanita. Hasilnya sekitar 30 persen wanita yang tidur lima jam atau kurang dalam semalam bobotnya akan naik menjadi 13,6 kilogram daripada yang tidur lebih lama. Hal ini bisa terjadi karena minimnya jam tidur mempengaruhi hormon tertentu yang merangsang perut lebih cepat lapar. Porsi makan pun akan menjadi jauh lebih banyak. Selain itu, kurang tidur akan membuat produksi hormon stres meningkat dan menyebabkan peradangan. Akibatnya, risiko serangan jantung dan stroke meningkat. Kurang tidur juga mengurangi kemampuan tubuh dalam mengatur kadar gula dalam darah sehingga mudah terserang diabetes.

Ketika seseorang ditanya mengapa dirinya susah tidur, akan ada beragam jawaban diberikan tergantung kepada siapa kita bertanya. Ada orang berkata mereka tidak bisa tidur karena pusing memikirkan masalah-masalah di kantor. Ada yang berkata mereka tidak bisa tidur karena suhu udara yang tidak bersahabat. Ada yang tidak bisa tidur karena sedang sakit. Ada yang tidak bisa tidur karena memikirkan harapan-harapannya yang belum tercapai. Nah, kalau Anda saat ini mengalami susah tidur, apapun alasannya. Marilah kita sama-sama belajar untuk menggunakan waktu istirahat kita dengan maksimal. Tuhan ijinkan kita mengalami berbagai masalah bukan dengan tujuan kita tak bisa beristirahat, namun supaya kita belajar berserah kepada-Nya. Kita bisa belajar dari Daud yang tetap bisa tidur dalam keadaan apapun.

Saat membaca riwayat Daud, akan kita dapati fakta bahwa Daud lebih sering berada dalam keadaan tertekan daripada dalam keadaan damai sejahtera. Daud pernah merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang buronan yang selalu diburu-buru, seorang gembala yang harus selalu menjaga dombanya dari serangan binatang buas, seorang ayah yang dikhianati anak kandungnya sendiri, Absalom. Daud bisa menulis mazmur yang berkata dengan tenteram aku akan membaringkan diri, tentu tidak asal tulis. Daud pernah merasakan pengalaman-pengalaman getir maupun manis dalam hidupnya, sehingga ia menasehati kita agar selalu berserah kepada Tuhan. Saat kita mengandalkan kekuatan diri sendiri, pikiran kita akan selalu gundah memikirkan hari esok dan masalah yang bertubi-tubi, namun saat kita serahkan semuanya itu kepada Tuhan, pikiran kita akan tenang sehingga dengan mudah kita bisa tidur tanpa perlu di bantu obat-obatan.

Ringkasnya : waktu terbaik untuk tidur adalah sekitar 6 – 8 jam, kurang dari itu berbagai gangguan dan penyakit akan mengantri untuk menyerang tubuh kita. Mulai dari gangguan mata, kegemukan, hipertensi, dan diabetes. Sehat itu mahal, oleh karena itu jaga tubuh Anda agar tetap sehat dengan cara-cara yang sudah Tuhan berikan, yang salah satunya adalah tidur berkualitas. Serahkan segala kekuatiran Anda kepada Tuhan dan selalu percaya bahwa hari esok adalah hari yang baik maka tidur berkualitas adalah sesuatu mudah Anda lakukan setiap hari. • Richard T.G.R

Pertanyaan     : Hal apakah yang selama ini membuatku sulit tidur?
Aplikasi          : Serahkanlah segala kekuatiran dan masa depan-mu kepada Tuhan.
Doa                 : Tuhan, kuserahkan segala bebanku kepada-Mu. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar