Website counter

Senin, 28 Februari 2011

Mau Bertanggung Jawab

Baca : Keluaran 32 : 1 – 35
Tetapi sekarang, kiranya Engkau mengampuni dosa mereka itu -- dan jika tidak, hapuskanlah kiranya namaku dari dalam kitab yang telah Kautulis. Keluaran 32 : 32

Paul Stephenson, Kepala Kepolisian Metropolitan London (Scotland Yard), menawarkan pengunduran dirinya. Hal ini dilakukan setelah sekelompok orang, pemprotes kenaikan uang kuliah, menyerang kendaraan yang membawa Pangeran Charles dan istrinya, Camilla pada tanggal 9 Desember 2010. Pasangan kerajaan ini tidak cidera, namun ini merupakan hal yang sangat memalukan bagi polisi Inggris. Stephenson menelepon Charles keesokan harinya untuk meminta maaf secara pribadi dan menawarkan untuk mengundurkan diri, sebagaimana diberitakan harian Sunday Times.

Walaupun bukan pelaku kriminal, Stephenson memberikan teladan yang sangat baik kepada kita tentang arti tanggung jawab. Di Alkitab pun tertulis bagaimana Musa sangat bertanggung jawab atas dosa yang bangsa Israel lakukan. Ketika bangsa Israel membuat anak lembu emas, Musa sesungguhnya sedang tidak ada di tempat karena sedang bercakap-cakap dengan Tuhan di atas gunung Sinai. Musa sama sekali tidak bersalah, namun Musa dengan rendah hati memohon ampunan Tuhan dan rela dirinya di hukum karena merasa tidak cakap memimpin bangsa itu. Tuhan sangat menghargai sikap Musa dan oleh karena tindakan Musa inilah Tuhan akhirnya tidak jadi membasmi bangsa Israel yang berulangkali membuat-Nya murka.

Orang yang berani bertanggung jawab untuk kesalahan anak buah atau perusahaan yang dipimpinnya, khususnya di Indonesia, jumlahnya semakin sedikit. Seringkali yang kita temui pemimpinnya yang bersalah, namun anak buahnya yang tak bersalah menjadi pesakitan dan menanggung hukuman. Contohnya ada atasan yang melakukan tindakan korupsi atau menghamili sekretarisnya, namun bawahannya yang masuk bui atau dipaksa menikahi sekretaris itu.

Ringkasnya : Sebagai seorang Kristen, tunjukkan bahwa kita adalah seseorang yang meneladani Yesus yaitu selalu bertanggung jawab atas kapapun yang kita perbuat termasuk kesalahan yang kita perbuat. Memang tidak enak saat kita harus memikul hukuman atas kesalahan diri sendiri atau ikut bertanggung jawab atas kesalahan bawahan, namun itulah tugas seorang pemimpin. Yesus sudah mempraktekkan tanggung jawab, sehingga kita sebagai murid-Nya hendaknya melakukan hal yang sama. • Richard T.G.R

Pertanyaan     : Apakah aku menjadi pribadi yang selalu bertanggung jawab?
Aplikasi          : Berani bertanggung jawab.
Doa                 : Tuhan, bentuk aku menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar