Website counter

Minggu, 06 Februari 2011

Cara Sederhana Masuk Surga


Baca : Matius 7 : 12 – 14 dan Lukas 10 : 25 – 37
Jawab orang itu: "Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya." Kata Yesus kepadanya: "Pergilah, dan perbuatlah demikian!" Lukas 10 : 37

Satu hari saat saya sedang naik bus patas dari Kota Semarang menuju Kota Solo, mata saya tak sengaja menatap sebuah tulisan di kaca samping kanan kiri bus yang berbunyi : Dalam keadaan darurat pecahkan kaca ini. Di dekat kaca itu pun ada palu kecil yang bisa digunakan untuk memecahkan kaca. Saat berjalan-jalan di mall, saya pun biasa menemui ada tangga darurat yang hanya digunakan pengunjung mall dalam keadaan darurat. Di pelabuhan, kita pun biasa menemui kapal umum atau kapal militer selalu membawa pelampung dan sekoci penyelamat yang sesuai jumlah penumpang untuk menyelamatkan diri bila kapal tenggelam. Saat menumpang pesawat terbang, sebelum pesawat lepas landas, pramugari biasanya terlebih dahulu memberi pelajaran singkat bagaimana cara menggunakan sabuk keamanan, parasut, dan arah mana pintu darurat. Pemerintah pun membuat aturan tentang sarana keselamatan yang sangat ketat kepada berbagai sarana umum seperti mall, kereta api, bus, kapal laut, dan pesawat terbang. Bila tidak memenuhi standar, jangan harap sarana itu mendapat ijin digunakan.

Di dunia ini, banyak sekali cara untuk kita bisa selamat dalam segala hal. Kita kemungkinan besar bisa tetap selamat walaupun pesawat atau bus yang kita tumpangi mengalami kecelakaan kalau kita sudah tahu caranya dan mau mempraktekkannya. Lalu bagaimana caranya masuk surga dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami? Tuhan sudah memberitahu caranya yaitu perbuatlah segala sesuatu kepada orang lain sesuai dengan cara kita ingin diperlakukan (Matius 7:12). Lalu apa contoh perbuatan untuk kita bisa masuk surga? Baca Lukas 10 : 25 – 37. Waktu ada seorang ahli Taurat ingin mencobai Yesus dan bertanya bagaimana cara memperoleh hidup yang kekal (surga)? Yesus sudah berikan jawaban dan orang itu meminta penjelasan. Yesus ceritakan kisah orang Samaria yang murah hati. Perbuatan yang bisa kita lakukan adalah mengasihi semua orang dengan tulus.

Banyak orang sebetulnya sudah tahu bagaimana cara masuk surga karena tiap hari mereka membaca Alkitab, tiap minggu mendengarkan khotbah dan kadang-kadang juga membaca buku-buku rohani. Saya berani menjamin orang-orang itu pasti sudah tahu bagaimana cara masuk surga. Namun sayang hanya sedikit orang yang mau mempraktekannya dengan sungguh-sungguh sehingga tak heran Yesus berkata pintu masuk ke surga itu sempit dan sesak. Tidak mudah menerapkan cara masuk surga versi Yesus, namun kita pasti bisa jika sungguh-sungguh serius mempraktekkannya. Jangan mengeluh atau mencari-cari alasan ini dan itu seperti ahli Taurat sehingga kita tak kunjung melakukan apa yang Yesus perintahkan sehingga ujung-ujungnya kita tak bisa masuk surga.

Ringkasnya : Hidup kita di dunia ini hanya sementara dan rumah abadi kita bukanlah di dunia. Kita sudah tahu cara masuk surga, bagian kita adalah mempraktekkannya dan percaya Tuhan pasti menyambut kita di surga jika kita serius mentaati firman-Nya. Lakukanlah apa yang Yesus ingin Anda lakukan. • Richard T.G.R

Pertanyaan     : Apakah selama ini aku bersikap seperti Ahli Taurat?
Aplikasi          : Praktekkan Lukas 10:27
Doa                 : Tuhan, berikan aku kekuatan untuk selalu mampu melakukan apa yang Engkau ingin aku lakukan. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar