Website counter

Minggu, 06 Februari 2011

Prioritas yang Benar


Baca : Matius 6 : 25 – 34
Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian? Matius 6 : 25

Suatu hari saya dan beberapa orang teman beriringan naik motor pergi ke Kota Yogyakarta. Di tengah perjalanan, tepatnya di daerah Jambu, sekitar Kota Ambarawa, salah seorang teman saya mengalami kecelakaan. Karena menghindari motor yang ngebut dari depan, kendaraannya terpeleset sehingga dia terlempar beberapa meter jauhnya dari badan jalan. Naas, kakinya sobek dan robek pulalah celana jeans yang dikenakannya. Kami semua bergegas berhenti dan menolong, namun sejenak kami dibuat terheran-heran dengan ucapan yang keluar dari mulutnya. "Aduh celana jeans-ku yang baru!! Celana jeansku yang baru rusak!!" Dia tidak memikirkan kakinya yang sobek dan berdarah-darah, namun memikirkan celananya. Memang sih celana jeans itu baru dan harganya ratusan ribu rupiah, namun tentu masih mahal kakinya bukan?

Keluarga yang dikasihi Tuhan, pernahkah Anda menemui kejadian seperti kisah di atas atau Anda sendiri pernah mengalami kejadian itu? Seringkali kita suka terbalik-balik dalam memprioritaskan sesuatu. Sesuatu yang penting dan mendesak justru tidak segera kita lakukan, namun sesuatu yang tidak penting dan tidak mendesak justru kita kerjakan. Kita tahu perpuluhan itu harus dibayar dimuka, saat kita menerima penghasilan, namun berapa banyak diantara kita baru bayar perpuluhan setelah membayar ini dan itu. Kita tahu Tuhan adalah prioritas utama, namun berapa sering kita suka terlambat datang ke gereja atau lupa saat teduh? Kita tahu bahwa kekuatiran tak akan pernah menyelesaikan masalah, namun berapa banyak di antara kita tak bisa tidur semalaman karena takut menghadapi hari esok?

Keluarga yang dikasihi Tuhan, hidup kita di dunia ini hanya sekali saja dan sangat singkat. Prioritas yang keliru hanya akan menghabiskan waktu, energi dan sumber daya yang kita punya. Mari kita belajar menggunakan segala sumber daya yang Tuhan berikan dengan tepat dan efisien. Mintalah bantuan Roh Kudus agar Dia membantu kita menjalani setiap hari dengan prioritas yang benar, sehingga apapun yang kita hasilkan adalah sesuatu yang positif. • Richard T.G.R

Catatan           : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Senin, 28 February 2011
Pertanyaan     : Prioritas seperti apa yang aku kejar saat ini?
Aplikasi          : Carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya
Doa                 : Tuhan, ajar aku untuk memiliki prioritas yang benar. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar