Website counter

Senin, 28 Februari 2011

Gratis

Baca : Lukas 14 : 25 – 35
Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak dapat menjadi murid-Ku. Lukas 14 : 27

Setiap operator selluler di negara Indonesia pasti memiliki banyak cara untuk menarik serta mempertahankan konsumen, termasuk operator selluler nomor hp yang saya gunakan. Setiap kali saya mengirim 8 sms ke nomor orang lain, operator selluler akan memberikan bonus gratis 300 sms ke semua nomor. Namun bonus itu hanya bisa saya gunakan sampai pukul lima sore atau sampai pukul dua belas malam saja. Setelah itu terpakai atau tidak terpakai langsung hangus. Gratis 300 sms itu sebetulnya nggak cuma-cuma karena saya harus terlebih dahulu ngeluarin pulsa Rp 1.200 (1 sms Rp 150). Kalau saya cuma kirim sms enam atau tujuh aja, tidak mungkin bonus itu keluar. Saya percaya operator lain pun sesungguhnya memberikan gratisan, namun tetap saja ada harga yang harus kita bayar dimuka untuk mendapat gratisan.

Sesungguhnya tidak pernah ada barang gratis di dunia ini, kecuali sinar matahari dan udara. Kita harus mau usaha atau keluar duit terlebih dahulu untuk mendapatkan sesuatu yang di embel-embeli kata gratis. Lalu bagaimana dengan keselamatan, bukankah Alkitab menulis keselamatan masuk surga sudah dibayar lunas oleh Yesus? Memang betul Yesus sudah mati untuk menebus dosa kita, sehingga kita tidak perlu pusing memikirkan bagaimana cara membayar keselamatan. Yesus bayar harganya dan kita dipersilahkan masuk surga gratis, tetapi Yesus juga ingin kita melakukan suatu tindakan untuk menunjukkan kita menghargai keselamatan gratis yang Dia berikan. Yesus ingin kita turut memikul salib, yaitu menyangkal keinginan duniawi kita seperti hawa nafsu, cinta uang atau gila hormat, dan melakukan apa yang Yesus perintahkan. Lalu gimana kalau kita hanya sekedar percaya Yesus, namun nggak mau melakukan perintah Yesus dalam kehidupan sehari-hari? Kita tidak dapat menjadi murid-Nya, Yesus sendiri lho yang ngomong (Lukas 14:27).

Ringkasnya : Ibarat kita ingin minum beberapa teguk air, kita harus mau bergerak dahulu mengambil gelas, menuangkan air dan meneguk gelas berisi air itu. Demikian juga dengan keselamatan, atau apapun yang kita inginkan saat ini. Kita harus melakukan suatu usaha sebelum mendapatkan hasil. Tidak ada makan siang gratis, oleh karena itu isi masa hidup kita dengan melakukan tindakan yang produktif dan pelajarilah sebanyak mungkin ilmu pengetahuan supaya kita semakin bijaksana. Gunakan waktu kita hari ini untuk suatu kegiatan yang positif sehingga kelak kita pun akan menuai hasil yang positif pula dan Tuhan dengan sukacita mengakui kita sebagai murid-Nya dan menyambut kita di surga. • Richard T.G.R

Pertanyaan     : Bagaimana cara pandangku selama ini tentang keselamatan?
Aplikasi          : Lakukan apa yang Yesus mau agar kita bisa menerima keselamatan.
Doa                  : Tuhan, ajar aku untuk menghargai penebusan yang telah Engkau lakukan dengan hidup seturut perintah-Mu. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar