Website counter

Senin, 28 Februari 2011

Mari Bergembira

Baca : Mazmur 118 : 24 – 29
Hati yang gembira membuat muka berseri-seri, tetapi kepedihan hati mematahkan semangat. Amsal 15 : 13

Menurut sebuah jajak pendapat, pada usia 52 tahun, rakyat Inggris mengeluh dan kurang bahagia. Hasil jajak pendapat dengan 2.000 responden itu membuktikan mereka yang berusia di atas 50 tahun semakin jarang tertawa dibandingkan dengan yang lebih muda. Jajak pendapat juga menemukan, bayi tertawa lebih dari 300 kali sehari. Anak remaja tertawa enam kali sehari. Mereka yang berusia di atas 60 tahun tertawa hanya 2,5 kali sehari. Selain itu, diketahui, anak laki-laki lebih sering mengeluh dibandingkan dengan anak perempuan. Salah satu alasan mengapa semakin tua orang Inggris semakin jarang tertawa adalah karena semakin lemahnya kemampuan menyebarkan lelucon. Dari jajak pendapat itu diketahui, orang Inggris hanya mengerti dua lelucon. (Sumber : Harian Kompas, Senin 11 Oktober 2010).

Hati yang gembira adalah obat kata sebuah lagu rohani tempo dulu. Hati yang gembira terbukti memang menjadi obat mujarab untuk berbagai penyakit atau masalah. Hari ini mungkin sebagian kita merasa sedih, jengkel atau frustasi menjalani hidup karena masalah kok seperti bukan semakin berkurang, namun semakin banyak dan berat sehingga ujung-ujungnya kita mengeluh dan tidak mampu lagi tertawa saat orang lain menceritakan suatu lelucon atau mengalami "kecelakaan kecil" seperti salah menyapa atau salah tingkah yang lucu. Mengeluh tak akan pernah menyelesaikan masalah dan mengubah keadaan karena Tuhan tak bisa melakukan apa-apa kalau kita setiap hari kerjanya mengeluh. Belajarlah bersyukur dan bersukacita setiap hari walaupun keadaan tidak selalu baik karena itulah yang akan membuat kita selalu sehat baik secara rohani maupun jasmani.

Orang dunia mengeluh tentang masalah hari ini dan hari esok, namun sebagai anak Tuhan, ayo tunjukkan pada dunia bahwa kita berbeda. Kita tetap bisa bersukacita dan tertawa di tengah berbagai himpitan masalah dan tekanan hidup karena Tuhan beserta kita. Bersama Tuhan tak ada satu pun masalah yang tidak bisa diselesaikan dan bersama Tuhan pasti selalu ada jalan keluar. • Richard T.G.R

Catatan           : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Senin, 21 Februari 2011
Pertanyaan     : Apakah selama ini aku suka mengeluh?
Aplikasi          : Tetap bersukacita dan bersyukur di tengah tekanan.
Doa                 : Tuhan, Ajar aku untuk setiap hari bisa mengucap syukur dan bersukacita atas keadaan yang Engkau berikan. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar