Website counter

Senin, 28 Juni 2010

Sepotong Kain Perca


By : Richard T.G.R

Sebab tujuh kali orang benar jatuh, namun ia bangun kembali, tetapi orang fasik akan roboh dalam bencana. Amsal 24 : 16

Bacaan : Markus 2 : 1 – 12

Kalau Anda ditanya, berapa sih nilai sepotong kecil kain perca, atau kain bekas baju yang tak digunakan lagi, apa jawaban Anda? Sebagian besar kita mungkin berkata kain itu tak ada nilainya, di buang saja ke tempat sampah. Perlu Anda ketahui, kain perca sekecil apapun mempunyai nilai dan bisa menghasilkan sesuatu yang berharga. Untuk membuktikannya, kisah korban PHK tahun 2007 yang bisa berdikari dengan bisnis membuat keset dari kain perca sengaja saya tulis.

Suprihatin adalah salah satu korban PHK krisis ekonomi tahun 2007. Karena menjadi pengangguran, ia lalu kembali ke kampung halaman di Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang. Untuk menyambung hidup, timbul ide dalam benaknya untuk mengubah sekilo kain perca seharga Rp 1.200 yang ia beli dari limbah pabrik tekstil di Cimahi menjadi dua keset sederhana berukuran kecil seharga Rp 6.000. Ketika dia sudah mahir menjahit, ia bisa memproduksi setidaknya 10 keset sederhana. Perlahan tapi pasti, keset buatannya telah merambat berbagai pulau di Indonesia. Suprihatin kini juga memiliki beberapa perajin yang bersama-sama membuat keset. Setiap hari Suprihatin bisa bekerja di rumah sambil merawat anak dan mendapatkan uang paling tidak Rp 40.000 – Rp 50.000 sehari.

Kisah Suprihatin kiranya memotivasi semangat kita yang hari ini sedang menganggur atau baru saja di PHK karena perusahaan bangkrut. Menjadi pengangguran bukan akhir segalanya, banyak cara untuk Anda menyambung hidup, menjadi orang sukses bahkan kaya, kalau Anda mau jeli melihat peluang. Orang lumpuh yang disembuhkan Yesus tak akan pernah sembuh kalau ke empat sahabatnya tidak kreatif membobol atap rumah tempat Yesus berfirman dan menurunkannya menggunakan tilam. Tuhan kadang sengaja membuat Anda susah supaya jeli melihat dan mengambil berbagai peluang di balik derita yang kelak membuat Anda lebih sukses dan menjadi berkat bagi sesama.

1 komentar:

  1. apakah ada contoh gambar keset yang sudah jadi? Karena saya ingin mencoba membuat juga

    BalasHapus