Website counter

Kamis, 10 Juni 2010

Berharga di MataNya

By : Richard T.G.R

Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang. Lukas 19 : 10

Bacaan : Lukas 19 : 1 – 10

Almarhum ayah saya memiliki sebuah kebiasaan yang tidak saya sukai, yaitu mengumpulkan aneka barang bekas walaupun barang itu harganya murah. Beliau suka mengumpulkan botol kecap bekas, tanggalan bekas, bohlam lampu yang sudah mati dan aneka barang bekas lainnya sehingga rumah kami terkesan kumuh. Ketika saya bertanya mengapa tidak di jual saja supaya rumah bersih, beliau berkata sayang membuang barang-barang itu karena memiliki nilai tersendiri. Meskipun tidak setuju, saya tetap menghormati kebiasaannya yang unik.

Dosa membuat umat manusia seperti barang rusak bekas yang tidak ada gunanya, namun Tuhan tetap mengasihi kita. Salah satu contoh bentuk cinta kasih Tuhan dialami Zakheus. Hari itu Tuhan tidak memilih datang kerumah salah seorang orang banyak yang mengikuti-Nya, namun Ia justru mengundang diri-Nya sendiri untuk datang kerumah Zakheus, si pemungut cukai, yang sedang nangkring di atas pohon ara. Semua orang yang menyaksikan tindakan Yesus bersungut-sungut, namun Yesus tetap menumpang. Yesus datang ke dunia bukan untuk mencari orang saleh namun memulihkan orang berdosa yang di tolak banyak orang. Yesus tak pernah membuang hidup Anda dan saya serusak apapun masa lalu kita.

Hari ini Anda dan saya sudah merasakan dan menerima kasih dari Tuhan, namun sudahkah Anda membagikan kasih itu kepada orang-orang di sekitar Anda? tergerakkah hati Anda melihat orang yang rusak hidupnya dan depresi, atau Anda masa bodoh dan menganggap itu bukan urusan Anda? Orang dunia tak mau repot mengasihi orang lain, namun sebagai Kristen, sudahkah Anda melakukan apa yang Yesus lakukan? Anda dan saya adalah perpanjangan tangan Tuhan, mari kita mengasihi sesama seperti Tuhan telah mengasihi kita.

*Catatan : Artikel ini dimuat di RHK Aletea – Senin, 21 Juni 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar