Website counter

Senin, 28 Juni 2010

Ditolong untuk Menolong


By : Richard T.G.R

"Pulanglah ke rumahmu dan ceriterakanlah segala sesuatu yang telah diperbuat Allah atasmu." Orang itu pun pergi mengelilingi seluruh kota dan memberitahukan segala apa yang telah diperbuat Yesus atas dirinya. Lukas 8 : 39

Bacaan : Lukas 8 : 26 – 39

Andeisha Farid adalah anak korban perang Afganistan dengan Uni Soviet 26 tahun silam. Selama dua puluh tahun, dia hidup sebagai pengungsi di kamp-kamp pengungsian Pakistan. Di usia 9 tahun, Andeisha dan saudara-saudaranya bisa kembali bersekolah. Dia bahkan lulus akademi, kemudian menikah dengan sesama pengungsi. Hidup sebagai pengungsi bukanlah sesuatu yang nyaman oleh karena itu ia berinisiatif merubah keadaan itu dengan menjadi tutor di sebuah sekolah lokal. Dia membantu mengumpulkan makanan yang dibutuhkan anak-anak karena banyak di antara anak-anak itu dibiarkan yatim piatu dan mengais apa saja yang ditemukannya di tong sampah. Andeisha juga berusaha mengetuk hati orang-orang agar memberikan bantuan untuk anak-anak Afganistan melalui yayasan yang didirikannya, AFCECO dan menjadi donor untuk 10 panti asuhan yang dikelolanya, yang merawat lebih dari 450 anak. Karena ketulusannya menolong, dia menjadi salah satu penerima penghargaan Global Leadership Awards 2010 dari lembaga nirlaba Vital Voices, Amerika Serikat. (Sumber : Harian Kompas, 6 Mei 2010).

Ditolong untuk menolong, itulah pesan yang Andeisha berikan kepada kita semua. Sebagai orang Kristen, kita semua sudah menerima janji keselamatan kekal dari Tuhan dan menerima penghapusan dosa. namun, apa yang sudah kita lakukan untuk membalas kebaikan Tuhan? Tolonglah saudara-saudara kita yang belum percaya Yesus untuk datang pada-Nya dan menerima keselamatan. Jangan kita menikmati keselamatan hanya untuk diri sendiri, namun bagikan keselamatan itu sama seperti orang Gerasa yang disembuhkan Yesus. Kitab Lukas mencatat, Yesus di tolak orang Gerasa untuk menginjil di daerah mereka dan Yesus menyetujui apa yang mereka mau, namun Yesus tetap mengasihi penduduk Gerasa. Ketika orang yang disembuhkan-Nya ingin ikut dengan-Nya, Yesus justru menyuruh dia tinggal untuk mewartakan perbuatan Allah atas dirinya. Orang itu pun patuh dan mengelilingi seluruh kota melakukan apa perintah Yesus. Hari ini, sudahkah kita memberitakan kabar keselamatan untuk orang-orang terdekat di sekitar kita?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar