Website counter

Kamis, 31 Maret 2011

Taat Kepada Tuhan


Baca : Matius 1: 18 – 25 dan Matius 2 : 13 – 15
Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya. Matius 1 : 24

Ketika kita merayakan Natal, biasanya tokoh-tokoh yang terlintas dalam pikiran kita adalah Maria, para gembala, orang majus, malaikat Gabriel, dan raja Herodes. Kita sering melupakan Yusuf yang sebetulnya juga salah satu tokoh kunci saat Yesus lahir. Riwayat Yusuf yang tertulis singkat membuat kita kadang melupakan jasanya sebagai seorang ayah yang begitu taat kepada Tuhan sampai akhir hayatnya. Yusuf adalah sosok yang sangat taat dan sabar menanggung segala sesuatu yang Tuhan inginkan terjadi dalam hidupnya. Ketika Tuhan berfirman melalui mimpi agar dia mengambil Maria sebagai istrinya, Yusuf patuh dan bertindak sebagai suami yang penuh tanggung jawab. Ketika malaikat Tuhan melalui mimpi menyuruhnya pergi ke Mesir, Yusuf patuh dan malam itu juga ia menyingkir ke Mesir. Yusuf tidak berlambat-lambat melakukan apa yang Tuhan mau.

Walaupun ini bukan hari Natal, ketaatan Yusuf kiranya menginspirasi kita untuk selalu taat kepada Tuhan setiap saat. Banyak orang hari ini mau taat dengan syarat. "Saya akan rutin ke gereja jika usaha saya selalu laris, saya akan setia melayani Tuhan kalau Tuhan berikan saya pasangan hidup yang mapan, saya akan rajin menginjil kalau Tuhan membuat saya berani, saya akan selalu mengasihi istri saya jika istri saya yang terlebih dahulu tunduk kepada saya," dll. Kalau kita menuntut syarat terlebih dahulu sebelum taat, jangan salahkan Tuhan kalau Dia tak akan pernah mengabulkan permintaan Anda. Tuhan bukanlah pesuruh atau mitra bisnis yang bisa seenaknya kita ajak negosiasi. Sebagai ciptaan Tuhan sudah seharusnya kita taat tanpa syarat seperti Yusuf.

Ringkasnya : Mari kita menjadi seorang Kristen yang taat akan maunya Tuhan. Alkitab adalah surat terbuka yang secara jelas menulis apa saja yang Tuhan mau kita lakukan dalam hidup kita. Jangan meminta syarat atau upah ini dan itu karena Tuhan pasti akan berikan itu tepat pada waktunya. Bagian kita adalah taat melakukan perintah-Nya dan tidak kompromi dengan bujukan iblis. • Richard T.G.R

Pertanyaan     : Sudahkah aku menjadi seseorang yang taat akan perintah Tuhan?
Aplikasi          : Taatlah kepada Tuhan tanpa syarat.
Doa                 : Tuhan, bentuk diriku agar bisa meneladani Yusuf yang taat melakukan perintah-Mu tanpa mengeluh sedikitpun. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar