Website counter

Kamis, 03 Maret 2011

Ijin Tuhan


Baca : Yakobus 4 : 13 – 17
Sebenarnya kamu harus berkata: "Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu." Yakobus 4 : 15

Ketika kita akan mendirikan suatu bangunan, pasti kita akan terlebih dahulu mengurus surat ijin membuat bangunan (IMB) ke badan pertanahan atau pemerintah daerah yang berwenang. Ketika kita hendak tidak masuk kerja dengan berbagai sebab, kita akan minta ijin dahulu kepada pimpinan sebelum tidak masuk. Ketika sebuah kampus atau suatu serikat pekerja hendak mengadakan demo di suatu tempat, mereka harus mengantongi ijin dari pihak kepolisian. Jika tidak demo mereka akan dibubarkan secara paksa dan tidak mendapat jaminan keamananan. Ketika sebuah gereja hendak mendirikan bangunan gereja, maka harus ada sejumlah perijinan yang harus di dapat gereja baik dari masyarakat setempat, Departemen Agama, Persatuan lintas umat beragama dan pemerintah kota.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, segala urusan yang terjadi di dunia ini perlu ijin. Ketika kita sembarangan saja melakukan sesuatu tanpa meminta ijin kepada orang yang memiliki wewenang untuk menyetujui apa yang kita lakukan, biasanya kita akan mendapat celaka atau kegagalan. Ijin sangat perlu diberbagai bidang karena itu menunjukkan bahwa diri kita satu sama lain harus saling menghargai, apapun kedudukan kita. Bicara masalah meminta ijin ketika melakukan satu perkara, sudahkah kita selalu minta ijin Tuhan atau memanjatkan doa sebelum melakukan perkara itu? Saat kita akan merintis satu usaha, sudahkah kita doa dan minta penyertaan Tuhan? Saat kita mengikuti wawancara kerja, apakah kita berdoa kepada Tuhan meminta bimbingan dan ijin-Nya? Saat kita hendak mengawali rutinitas hari ini, sudahkah kita mengawalinya dengan doa dan mengakhirinya dengan doa pula? Banyak orang bisa begitu taat pada hukum dunia dan minta ijin kepada sesamanya saat melakukan sesuatu, namun di sisi lain banyak orang lupa minta ijin kepada Tuhan yang menciptakan-Nya.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, mari kita menjadi seorang Kristen yang selalu meminta ijin Tuhan sebelum bertindak sebagai bukti kita selalu mengingat Tuhan dalam perencanaan. • Richard T.G.R

Catatan : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Jumat, 18 Maret 2011
Pertanyaan : Apakah aku selalu meminta penyertaan Tuhan?
Aplikasi : Selalu meminta ijin Tuhan sebelum bertindak.
Doa : Tuhan, tolong sertai segala sesuatu yang aku rencanakan hari ini. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar