Website counter

Kamis, 31 Maret 2011

Fokus Pada Hal Positif


Baca : II Samuel 16 : 5 - 14
Demikianlah Daud melanjutkan perjalanannya dengan orang-orangnya, sedang Simei berjalan terus di lereng gunung bertentangan dengan dia dan sambil berjalan ia mengutuk, melemparinya dengan batu dan menimbulkan debu. II Samuel 16 : 13

Beberapa waktu lalu, seorang teman meminta bantuan saya untuk membantunya dalam sebuah acara amal. Kami berjanji bertemu di satu tempat pada pukul 11 siang untuk kemudian berangkat bersama-sama ke tempat acara. Sesuai perjanjian, saya datang ke tempat kami janjian bertemu pukul sebelas, namun dia belum datang. Saya tunggu sampai pukul 11.15, dia tak kunjung datang sehingga saya segera konfirmasi kepadanya melalui hp. Saya sangat kaget ketika dia berkata dia sudah datang pukul 10 dan beralasan semalam sudah SMS, padahal saya sama sekali tak menerima SMS tersebut. Saya saat itu sangat jengkel dan ingin sekali memaki-makinya karena waktu saya terbuang sia-sia, padahal ada pekerjaan yang harus saya kerjakan. Namun, saya memilih untuk tidak memusingkan perkara kecil atau melampiaskan kemarahan. Saya berusaha positif thingking dan berkata padanya tak masalah, dan lain kali lebih baik konfirmasi by phone saja.

Tak sedikit masalah dan sakit hati timbul karena kita terlalu dipusingkan atau memendam masalah sepele yang terjadi disekitar kita. Kita memaki-maki seorang teman yang seenaknya membatalkan janji, kita iri hati kepada orang kelihatannya selalu berhasil sedangkan kita sepertinya sial terus, kita stres terjebak macet setiap berangkat atau pulang kerja, kita kecewa kepada rekan kerja pembohong yang begitu dipercaya bos. Kalau kita biarkan pikiran dan hati kita selalu diracuni hal-hal sepele seperti kejadian diatas, jangan pernah berharap damai sejahtera kita nikmati. Yang kita dapat justru kegelisahan dan dendam. Ujung-ujungnya hubungan kita dengan sesama bahkan Tuhan menjadi bermasalah karena kita hanya fokus pada hal-hal yang negatif.

Ringkasnya : Mari kita sama-sama belajar untuk tidak terlalu memusingkan hal-hal negatif yang kita alami. Belajar dari teladan Daud yang tidak merespon negatif omongan Simei padahal dirinya sama sekali tidak ada urusan dengan Simei dan dengan sangat mudah Daud bisa membinasakan Simei, kita pun hendaknya melakukan hal yang sama. Pikiran yang positif hanya bisa kita dapat kalau kita belajar berpikir dan bertindak positif menghadapi keadaan-keadaan yang negatif. • Richard T.G.R

Pertanyaan     : Apakah aku selama ini selalu fokus pada hal-hal negatif?
Aplikasi          : Pikirkan perkara-perkara yang positif.
Doa                 : Tuhan, ajar aku untuk tidak membalas yang negatif dengan yang negatif. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar