Website counter

Kamis, 03 Maret 2011

Imunitas


Baca : Efesus 6 : 10 – 20
Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis; Efesus 6 : 11

Imunitas adalah daya tahan tubuh terhadap serangan infeksi atau virus penyakit. Tubuh manusia memiliki dua sistem imunitas, yaitu imunitas alami yang di bawa sejak lahir dan imunitas buatan. Imunitas alami adalah sistem pertahanan tubuh dan mekanisme pertahanan lainnya yang ada sejak lahir, tanpa mengalami infeksi sebelumnya. Sistem imunitas alami ini antara lain sel darah putih yang mampu membunuh mirkoorganisme yang menyerang tubuh. Sedangkan imunitas buatan adalah sistem yang selalu berkembang selama kita masih hidup dan semakin lama semakin efektif dan kemudian musnah saat tua. Imunitas buatan ini mampu mengidentifikasi sel, dan keberadaannya sangat bergantung pada produksi protein yang disebut antibodi di dalam darah dan sel-sel darah putih.

Secara jasmani Tuhan membekali kita dengan imunitas, sekarang bagaimana dengan tubuh rohani? Tuhan pun juga memberikan imunitas yaitu perlengkapan senjata Allah agar kita bisa melawan tipu muslihat iblis. Dalam hal rohani, iblis sangat gencar menyerang anak-anak Tuhan dengan berbagai senjatanya seperti kekuatiran, hawa nafsu, materialistis, kesombongan, iri hati, kemalasan atau cinta uang. Dalam pikiran kita siap tidak siap iblis akan selalu tawarkan godaan-godaannya supaya kita jatuh dosa atau minimal tidak produktif dalam melayani Tuhan. Tuhan tahu kita mengalami banyak godaan dari iblis oleh karena itu dia berikan kita senjata agar kita tetap berdiri tegap dalam melayani Tuhan.

Pertanyaannya sekarang, apakah kita mau atau sudah memakai perlengkapan senjata Allah? Saat ini banyak orang yang jatuh dosa atau kecelakaan kerapkali menyalahkan Tuhan. Mereka berkata mengapa Tuhan biarkan saya terbujuk oleh teman yang menawarkan untuk memakai sabu-sabu? Mengapa Tuhan biarkan saya bergaul dengan pria yang tidak benar? Mengapa Tuhan tak melindungi saya saat kebut-kebutan naik motor padahal saya sudah berdoa? Hidup ini pilihan, dan Tuhan memberikan kita kebebasan untuk memilih. Tuhan sudah sediakan senjata, pilihan ada di tangan kita sendiri, mau menggunakan atau tidak? Menolak atau memakai narkoba itu juga pilihan kita sendiri. Naik motor kebut-kebutan atau tidak, itu juga pilihan. Jadi jangan menyalahkan orang lain, keadaan, Tuhan, atau iblis sekalipun kalau kamu mengalami suatu kecelakaan atau dosa. Jangan selalu mengkambinghitamkan orang lain untuk sesuatu yang kamu buat sendiri.

Ringkasnya : Tuhan sudah memberikan yang terbaik agar tubuh jasmani dan rohani kita sehat dan kuat, sekarang tinggal bagian kita untuk merawatnya dan mengelolanya. Marilah kita isi hidup kita dengan melakukan apa yang benar sesuai firman Tuhan dan pergunakan tubuh sehat yang kita punya untuk melakukan banyak kegiatan yang produktif dan berguna untuk sesama. • Stevanny Liem

Pertanyaan : Apakah aku sudah merawat tubuh rohani dan jasmaniku?
Aplikasi : Jaga tubuh rohani dan jasmani agar tetap sehat.
Doa : Tuhan, terima kasih untuk kesehatan dan senjata yang Engkau berikan. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar