Website counter

Kamis, 17 Maret 2011

Berdalih


Baca : Lukas14 : 15 – 24
Sebab Aku berkata kepadamu: Tidak ada seorang pun dari orang-orang yang telah diundang itu akan menikmati jamuan-Ku. Lukas 14 : 24

Aduh, sorry ya aku hari ini nggak bisa dateng ibadah, tadi bangun kesiangan. Wah, maaf ya, kemarin nggak jadi doa bareng, aku harus ngelembur ngerjain tugas kantor. Maaf ya, aku hari ini nggak saat teduh karena cape kerja. Maaf ya, aku nggak bisa nolong kamu karena aku harus buru-buru pergi gereja. Maaf ya, aku nggak bisa njenguk waktu kamu sakit, aku lagi banyak kerjaan. Pernahkah Anda mendengar alasan-alasan di atas? Saya percaya kita semua pernah mendengar alasan-alasan yang dibuat untuk menunjukkan kita tidak mau menolong padahal kita bisa menolong alias berdalih. Banyak orang suka berdalih karena mereka tidak komitmen menepati suatu janji atau melakukan sesuatu yang seharusnya mereka lakukan, termasuk melakukan perintah Tuhan.

Kalau saat ini kita termasuk individu yang suka berdalih saat disuruh melakukan firman Tuhan atau mendapat situasi dimana kita harus mempraktekkan firman Tuhan tetapi kita memilih menghindar, kita termasuk orang yang tak pantas masuk kerajaan Allah. Bukan saya yang berkata, namun Firman Tuhan sendiri. Dalam perumpamaan tentang orang-orang yang berdalih, Yesus menceritakan bagaimana seorang tuan terpaksa kecewa karena orang-orang yang diundangnya menolak dengan berbagai alasan. Kalau kita saat ini suka ngeles atau berdalih saat harus mempraktekkan firman Tuhan, itu sama aja kita tidak patuh kepada Tuhan. Kalau di dunia kita kerja kepada satu perusahaan dan kita sering tidak mematuhi perintah atasan, kita akan dipecat. Jika kita seorang tentara yang suka membantah perintah komandan dan membangkang saat ditugasi suatu misi, kita akan dipecat dan bisa dihukum. Kalau kita suka membantah atau tidak menuruti perintah orangtua, pasti orangtua merasa sedih dan memberikan hukuman. Tuhan pun akan melakukan hal yang sama kalau kamu sering tidak patuh dan berdalih.

Ringkasnya : Jangan pernah menjadi pribadi yang suka berdalih saat Tuhan menyuruh kita melakukan ini dan itu melalui Alkitab. Kalau manusia saja sebal dan marah kalau kita suka membantah perintah yang harus kita lakukan, Tuhan pun bisa marah saat kita suka berdalih dalam melakukan perintah-Nya. Berkat Tuhan hanya turun kepada orang yang melakukan segala perintah-Nya tanpa berdalih. • Richard T.G.R

Pertanyaan : Apakah selama ini aku suka berdalih saat melakukan firman Tuhan?
Aplikasi : Jadilah anak Tuhan yang taat perintah-Nya.
Doa : Tuhan, lembutkan hatiku agar mau melakukan segala perintahmu tanpa banyak alasan untuk menolak. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar