Website counter

Senin, 12 Maret 2012

Tuhan Memelihara

Baca : Kejadian 12 : 1 – 9
Lalu pergilah Abram seperti yang difirmankan TUHAN kepadanya, dan Lot pun ikut bersama-sama dengan dia; Abram berumur tujuh puluh lima tahun, ketika ia berangkat dari Haran. (Kejadian 12 : 4)

Bagaimana seekor penyu berkembangbiak? Bertelur. Jawabanmu benar. Penyu memiliki cara unik untuk berkembangbiak. Ketika tiba masanya ia bertelur, penyu akan kembali ke tempat pertama kali ia menetas, dan untuk itu ia harus berenang ratusan kilometer jauhnya mengarungi lautan. Untuk menempuh perjalanan yang jauh itu, Tuhan membuat sirip penyu amat kuat agar dapat berenang cepat dan nyaman. Sesampainya di daratan, penyu akan menunggu sampai malam tiba dan pelan-pelan merangkak ke daratan. Sesudah menemukan tempat yang nyaman dan tenang, ia akan menggali lubang dalam pasir seluas ukuran tubuhnya lalu masuk ke dalamnya.

Kemudian dengan sirip belakangnya ia mengorek-ngorek pasir di bawahnya sampai mencapai kedalaman 40 cm. setelah dirasa cukup, mulailah penyu bertelur yang jumlahnya bisa ratusan butir. Agar tidak pecah saat saling tumpang tindih, Tuhan membuat kulit telur lembut dan kenyal. Selesai bertelur, penyu akan menimbuni kembali telur-telur itu dengan pasir  menggunakan kedua sirip belakangnya. Setelah dirasa aman, ia kembali ke laut. Setelah 10 minggu, telur-telur itu akan menetas dan anak-anak penyu dengan gigih menggali pasir yang menimbuninya. Saat berjalan tertatih-tatih ke laut, tak semua anak penyu selamat karena burung pemangsa akan segera menyambarnya, hanya sedikit yang berhasil menuju laut.

Jagoan Kristus, Tuhan selalu memelihara setiap mahluknya, termasuk hidupmu. Kalau penyu saja Tuhan pelihara, apalagi hidupmu. Kalau saat ini kamu merasa kuatir dengan hidupmu dan tak tahu kelak akan menjadi seperti apa dirimu, percayalah Tuhan sudah merencanakan yang terbaik buat hidupmu. Bagian yang harus kamu lakukan saat ini adalah belajar dengan gigih dan tak pernah menyerah menghadapi kesulitan hidup. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Junior – Jumat, 09 Maret 2012
Pertanyaan     : Apakah kamu kuatir dengan hidupmu?
Aplikasi          : Jangan pernah kuatir dan menyerah menghadapi kesulitan hidup.
Doa                : Tuhan, terima kasih karena Engkau selalu pelihara hidupku. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar