Website counter

Selasa, 27 Maret 2012

Bayar Double

Baca : I Samuel 13 : 1 – 22
Orang yang sabar besar pengertiannya, tetapi siapa cepat marah membesarkan kebodohan. (Amsal 14 : 29)

Selain bekerja sebagai penulis dan pengajar, saya memiliki usaha sampingan berjualan pulsa. Satu kali seorang rekan memesan pulsa senilai 10 ribu. Karena kebetulan saya sedang mandi dan hp saya tinggal di kamar, baru sekitar 10 menit kemudian pulsa saya kirim. Setelah saya mengirim dan mengkorfirmasi bahwa pulsa sudah masuk, dia membalas bahwa dia sudah membeli ke tempat lain. Alhasil dia harus bayar dua kali, kepada saya dan kepada counter pulsa tempat dia membeli. Dia mau tak mau harus bayar kepada saya karena kesalahanya sendiri yang tidak sabaran.

WANITA, tidak sabar selalu membawa dampak tidak baik dalam hal apapun. Tidak sabar mengantri saat membeli karcis kereta api sehingga main serobot, bisa menimbulkan adu mulut dan perkelahian. Tidak sabar mendengar omongan lawan bicara yang menyebalkan dan melecehkan, membuat kita jatuh dosa karena balas memakinya dengan kata-kata yang lebih kasar. Tidak sabar menunggu bus kota yang mengantar kita ke kantor, membuat kesal dan itu pasti sangat mempengaruhi mood sepanjang hari. Tidak sabar menunggu Samuel datang, tanyakan akibatnya pada raja Saul. Diceritakan Saul mau berperang sama orang Filistin. Sebelum perang, harus doa dahulu dan mempersembahkan korban bakaran. Itu tugas Samuel, dan Saul diminta menunggu 7 hari oleh Samuel. Saul patuh, namun hari ke 7 dia tidak tahan karena takut melihat rakyatnya berserak-serak. Saul lalu bakar sendiri korban itu, barulah Samuel muncul. Akibatnya fatal, Saul harus kehilangan otoritas dari Tuhan sebagai raja, meskipun secara fisik ia masih jadi raja, karena tidak sabar dan tidak taat.

WANITA ada banyak contoh akibat orang tidak sabar. Mari kita belajar menjadi orang yang sabar karena itu adalah salah satu buah roh. Tuhan akan selalu menguji kita melalui berbagai peristiwa yang menuntut kita sabar sehingga kelak kita bisa memiliki kesabaran. Bersyukurlah kalau Tuhan hari ini memberikan banyak peristiwa yang menguji kesabaran karena itu tandanya Tuhan mendengar doa kita dan Tuhan berikan banyak tantangan agar kita bisa memiliki kesabaran. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Kamis, 22 Maret 2012
Pertanyaan     : Apakah aku pribadi yang sabar?
Aplikasi          : Belajarlah menjadi pribadi yang sabar.
Doa                : Ajar aku bersabar melakukan segala sesuatu, Tuhan. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar