Website counter

Selasa, 13 Maret 2012

Mengumpulkan Harta

Baca : Matius 6 : 19 – 21
Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. (Matius 6 : 20)

Kata bank berasal dari bahasa Italia ″Banco″ yang berarti bangku atau meja. Pada jaman dahulu para juru tukar uang memakai meja atau bangku untuk melayani para pelanggannya. Perkara pinjam meminjam uang ini terus berkembang dan bertambah maju sehingga munculah lembaga bernama bank seperti yang kita kenal sekarang ini. Bicara masalah bank, kita akan teringat kata bangkrut. Kata bangkrut berasal dari bahasa Italia ″banco rotto″ yang artinya bangku atau meja yang dipatahkan.

Jagoan Kristus, apakah kamu menyimpan uangmu di bank? Itu adalah satu kebiasaan yang sangat bagus. Menabung tak harus selalu di bank, di rumah pun kamu bisa menabung dan tabungan itu bisa kamu titipkan pada orang tuamu. Menabung sangat menolong diri kita sendiri saat tiba-tiba kita membutuhkan uang untuk kebutuhan khusus atau membeli sesuatu yang cukup mahal. Umpama kamu ingin membeli komputer untuk menunjang aktifitas belajar atau tiba-tiba ada anggota keluarga yang sakit. Uang tabungan itu bisa kamu gunakan.

Jagoan Kristus, tak hanya di dunia saja kamu perlu menabung atau mengumpulkan harta. Di surga pun kamu harus memiliki tabungan. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menolong orang yang berkekurangan. Ada banyak orang miskin yang memerluan pertolongan di sekitar kita. Tuhan Yesus berkata, kalau hati kita sudah tidak terikat lagi pada harta benda di dunia ini, itu artinya kita sudah beroleh harta di sorga. Itu sebabnya, orang yang kikir akan sulit masuk Kerajaan Sorga. Pakailah uangmu dengan bijaksana. Jangan hidup boros. Namun jangan juga pelit menolong sesama, oke? • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Junior – Minggu, 11 Maret 2012
Pertanyaan     : Apakah aku sudah beroleh harta di sorga?
Aplikasi          : Jangan sampai hati kita terikat pada harta dunia.
Doa                : Tuhan, ajar aku menggunakan hartaku dengan benar. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar