Website counter

Senin, 12 Maret 2012

Makna Jabat Tanganmu

Baca : Kejadian 18 : 1 – 15
Jangan kamu lupa memberi tumpangan kepada orang, sebab dengan berbuat demikian beberapa orang dengan tidak diketahuinya telah menjamu malaikat-malaikat. I(brani 13 : 2)

Sebuah studi akademik yang dilakukan oleh Universitas Iowa, Amerika menyimpulkan bahwa jabat tangan yang mantap dan kuat adalah bagian dari sukses seseorang. Khususnya, saat ia berjuang melewati tahap wawancara dalam proses rekrutmen pekerjaan. Sebaliknya, jabat tangan yang dingin dan ragu-ragu bisa mengakhiri harapan diterima dalam interview, bahkan sebelum interview dimulai. "Kita sering mendengar bahwa para pewawancara membuat keputusan atas kandidat pada menit pertama atau kedua, meskipun wawancaranya sendiri bisa berlangsung bermenit-menit," ujar seorang peneliti.

Peneliti lain menegaskan, jabat tangan lebih penting dibandingkan dengan pakaian atau pun penampilan fisik seseorang. Ia menjadi bahan pertimbangan yang penting bagi pewawancara. "Kami menemukan bahwa kesan pertama itu dimulai dengan jabat tangan, yang itu akan memengaruhi proses wawancara selanjutnya," tambah sang peneliti. Ia menjelaskan, jabat tangan penting karena itu salah satu dari sedikit hal yang secara cepat bisa mewakili individualitas seseorang.

Girls, tindakan dan sikap lebih penting daripada penampilan. Kisah Abraham menjamu Tuhan adalah contohnya. Ketika Tuhan hendak mengulangi janji-Nya, Tuhan menyamar sebagai manusia biasa didampingi 2 malaikat. Abraham yang tahu ada orang berdiri didepannya segera sujud menyembah dan menjamu mereka (ayat 2 dan 3). Tindakan Abraham ini membuat Tuhan semangat sehingga di kisah selanjutnya Tuhan tak segan memberitahu Abraham bahwa ia hendak menghukum Sodom dan Gomora (ayat 20). Caramu berjabat tangan hanyalah sebagian kecil dari sikap yang bisa membuat orang lain tahu seperti apa pribadimu. Mari percantik karakter, sehingga tindakan kita berkualitas dan orang semangat serta tak ragu saat menjalin kerjasama atau persahabatan dengan kita. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Spirit Girls – Sabtu, 10 Maret 2012
Pertanyaan     : Apakah aku selalu mempercantik karakter?
Aplikasi          : Percantiklah karakter agar tindakan kita berkualitas.
Doa                : Tuhan, ajar aku selalu memperbaharui karakterku. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar