Website counter

Sabtu, 31 Maret 2012

Tidak Ada Kata Terlambat

Baca : Yosua 14 : 6 – 15
Lalu Yosua memberkati Kaleb bin Yefune, dan diberikannyalah Hebron kepadanya menjadi milik pusakanya. (Yosua 14 : 13)

Bagi banyak orang, saat kita menginjak usia 50 tahun, itulah waktu bagi kita untuk pensiun dan menikmati hari tua. Tak usahlah kita melakukan tindakan yang macam-macam karena fisik sudah tak lagi mendukung. Berilah kesempatan kepada anak-anak muda untuk mengantikan posisi kita. Kita merasa diri kita sudah tidak produktif sehingga alangkah terhormatnya jika kita mundur. Benarkah usia tua membuat kita tidak lagi produktif?

WANITA, jika hari ini Anda merasa sudah tua dan tidak bisa produktif lagi, katakanlah Anda memang sudah berusia 50 tahun, 60 tahun, atau mungkin 70 tahun, Anda sesungguhnya tetap bisa produktif. Anna Mary Robertson Moses (7 September 1860 – 13 Desember 1961) adalah contoh sosok yang patut kita jadikan teladan. Pada mulanya Anna hanyalah seorang ibu rumah tangga yang hobi menyulam. Namun karena rematik yang dideritanya pada usia 76 tahun, ia beralih dari seorang penyulam menjadi pelukis. Meskipun sulit, setelah terus menerus melukis, ia akhirnya mampu dan lukisan-lukisannya disukai orang-orang. Kini lukisan-lukisannya banyak dipakai dalam kartu-kartu ucapan – seperti Hari Natal dan Hari ibu. Anna terus melukis hingga ia meninggal dunia di usia 101 tahun.

WANITA, berapapun usia Anda hari ini, Anda masih bisa berkarya bahkan menemukan dan memaksimalkan bakat-bakat terpendam yang selama ini tidak Anda sadari. Kaleb berhasil menduduki tanah yang dijanjikan Tuhan pada usia senja (85 tahun) dengan jerih payahnya sendiri, karena ia mau berusaha. Meskipun usia kita sudah senja dan sakit-sakitan, kita tetap mampu menjadi manusia yang produktif dan menginspirasi orang lain jika terus menerus berkarya sampai Tuhan memanggil kita pulang. Tidak ada kata terlambat atau terlalu tua untuk terus berkarya. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di Renungan Wanita – Jumat, 30 Maret 2012
Pertanyaan     : Sudahkah aku menggunakan waktuku dengan maksimal?
Aplikasi          : Teruslah berkarya.
Doa                : Tuhan, ajar aku terus berkarya sampai Engkau memanggilku. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar