Website counter

Sabtu, 31 Maret 2012

Kualitas Material

Baca : I Korintus 3 : 10 – 23
Sekali kelak pekerjaan masing-masing orang akan nampak. Karena hari Tuhan akan menyatakannya, sebab ia akan nampak dengan api dan bagaimana pekerjaan masing-masing orang akan diuji oleh api itu. (I Korintus 3 : 13)

Pada tanggal 26 November 2011, jembatan Kutai Kartanegara yang terbentang di atas sungai Mahakam, Kalimantan Timur, ambrol. Beberapa kendaraan tercebur ke sungai dan beberapa hari kemudian beberapa korban tewas ditemukan. Kenapa jembatan dengan panjang satu kilometer ini bisa tiba-tiba ambrol? Sampai renungan ini ditulis, pemerintah masih menyelidiki, namun kita semua sebetulnya tahu jembatan itu bisa ambrol karena materialnya yang kurang bermutu. Kalau jembatan itu dibangun dengan material terbaik dan proses yang benar, pasti jembatan itu kuat menahan beban berat dari kendaraan yang lalu lalang dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, waktu dan ujian akan menentukan apakah seseorang atau suatu benda tahan uji atau tidak tahan uji. Bukan jaminan bahwa seseorang yang kelihatan keren, sehat, kuat, hidupnya kelihatan baik-baik saja, dan uangnya banyak pasti tahan uji. Bukan jaminan pula kalau orang keuangannya pas-pasan, sakit-sakitan, hidupnya kelihatan penuh masalah dan penampilannya sederhana pasti tidak tahan uji dan tidak setia mengikut Tuhan. Penampilan bisa menipu, namun kualitas selalu asli. Tuhan pun menguji kita semua yang mengaku sebagai Kristen, apakah kita tahan uji atau melempem. Tuhan akan uji kita melalui masalah, penderitaan, sakit-penyakit, atau tekanan hidup. Cara kita merespon dan menyelesaikan ujian Tuhan akan menunjukkan siapa sejatinya kita.

Jangan pernah mengeluh atau bersungut-sunggut jika Tuhan sering memberikan kita ujian. Berterimakasihlah karena dengan menghadapi dan menyelesaikan banyak ujian, kita akan semakin tahan uji dan bertumbuh. Ujian memang sakit dan tidak enak, namun itu baik untuk rohani dan jasmani kita. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Jumat, 16 Maret 2012
Pertanyaan     : Apakah aku tahan uji?
Aplikasi          : Jangan pernah mengeluh saat mengalami ujian kehidupan.
Doa                : Tuhan, terima kasih untuk semua ujian yang Engkau berikan padaku. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar