Website counter

Sabtu, 31 Maret 2012

Kebiasaan Efektif

Baca : I Samuel 17 : 12 – 39
Baik singa maupun beruang telah dihajar oleh hambamu ini. Dan orang Filistin yang tidak bersunat itu, ia akan sama seperti salah satu dari pada binatang itu, karena ia telah mencemooh barisan dari pada Allah yang hidup." (I Samuel 17 : 36)

Beberapa bulan lalu saya melatih diri untuk makan sedikit-sedikit tetapi sering. Selama ini saya memiliki pola makan yang kurang sehat yaitu makan besar tiga kali sehari, padahal kebiasaan ini sangat tidak baik karena kerja lambung mencerna makanan lebih berat dan bisa menimbulkan obesitas. Pada masa-masa awal makan sedikit-sedikit, rasanya susah sekali dan harus benar-benar disiplin. Tetapi setelah dua bulan mencoba, akhirnya saya sudah terbiasa dan sudah tak perlu berpikir lagi dalam masalah makan. Hasilnya semakin banyak kalori yang berhasil saya bakar dan sistem percernaan saya lebih cepat dalam menyerap nutrisi.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, kebiasaan kita sangat mempengaruhi kesehatan dan segala sesuatu yang kita kerjakan. Kalau kita sering terlambat bangun pagi akibatnya kita pasti juga sering terlambat masuk kerja. Kalau kita suka memboroskan uang, akibatnya kita tidak punya tabungan. Kalau kita malas bergaul, akibatnya kita tak punya banyak teman dan wawasan kita terbatas. Daud berani melawan Goliat bukan hanya modal berani saja, namun karena dirinya sudah terlatih saat mengembalakan dombanya. Daud sudah biasa melawan singa dan beruang, ia sudah terbiasa dengan bahaya demi keselamatan dombanya. Kebiasaannya ini membentuk Daud menjadi orang yang siap menghadapi bahaya, apalagi bahaya itu berasal dari orang yang menghina Tuhan, sehingga majulah ia untuk membela kehormatan Tuhan. Hasilnya Daud menang dan sejak itulah namanya menjadi terkenal.

Kalau saat ini kita merasa tidak bisa sukses karena memiliki beberapa kebiasaan tidak efektif, belum terlambat untuk memperbaiki diri. Kebiasaan masih bisa kita ubah. Kita bisa menciptakan kebiasaan baru yang efektif seperti disiplin masuk kerja, rutin berolahraga, atau makan teratur, untuk mengganti kebiasaan kita yang tidak efektif. Miliki kebiasaan efektif, maka kehidupan kita pun akan efektif. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Kamis, 29 Maret 2012
Pertanyaan     : Kebiasaan-kebiasaan efektif apa yang sudah aku miliki saat ini?
Aplikasi          : Latih diri kita agar lebih banyak memiliki kebiasaan efektif.
Doa                : Tuhan, bantu aku memiliki kebiasaan-kebiasaan yang efektif. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar