Website counter

Sabtu, 31 Maret 2012

Mengakhiri Pertandingan

Baca : II Timotius 4 : 1 – 8
Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman. (II Timotius 4 : 7)

Petra Majdic adalah atlit yang bertanding di cabang olahraga ski cepat Cross Country dalam olimpiade musim dingin 2010 yang diadakan di Kota Vancouver, Kanada. Meski hanya berhasil meraih medali perunggu untuk negaranya, Slovenia, namun Petra menjadi inspirasi bagi banyak atlit. Sebelum bertanding, Petra terjatuh dari bukit es dengan ketinggian tiga meter ketika latihan dan mendarat di batu karang sehingga cidera. Petra hampir tidak dapat bernafas dan berjalan, namun ia tetap bertanding mulai dari babak awal sampai final. Pada tiap pertandingan, ia harus menempuh jarak 1.4 kilometer dengan menahan rasa sakit. Akhirnya ia menang dan meraih medali olimpiade pertama untuk negaranya.

Seorang atlit yang berkualitas bukanlah seseorang yang selalu menang dalam pertandingan, namun seseorang yang selalu mengakhiri pertandingan dengan baik, terlepas dari apakah ia menang atau kalah. Seorang pemenang jika menang dengan cara tidak jujur tidak dapat dikatakan mengakhiri pertandingan dengan baik. Seseorang meskipun kalah dalam pertandingan, namun mengakhiri pertandingan itu dengan baik, sesungguhnya dia pun pemenang meskipun belum berhasil meraih medali. Sekarang mari kita mengoreksi diri, apakah kita memiliki mentalitas pemenang, atau kita mudah menyerah kalah saat menghadapi tantangan yang bagi kita sangat berat? Apakah kita kadang mundur saat baru setengah jalan, atau kita terus menyelesaikan tugas kita sampai selesai? Kemenangan sejati tidak ditentukan dari apakah kita meraih medali atau piagam perhargaan, namun dari seberapa tabah kita terus melangkah sampai selesai.

Jika siang ini Anda merasa tak sanggup menyelesaikan tugas Anda karena terlalu berat dan di luar kemampuan Anda, belajarlah dari ketabahan Petra. Mintalah kekuatan dari Tuhan agar Anda mampu mengerjakan tugas itu sampai selesai meskipun sulit. Jadilah seorang pemenang meskipun Anda tidak mendapatkan medali. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini Dimuat di Renungan Siang – Kamis, 29 Maret 2012
Pertanyaan     : Apakah aku merasa tak sanggup menanggung bebanku?
Aplikasi          : Selesaikan apa pun tugas kita saat ini, jangan menyerah di tengah jalan.
Doa                : Tuhan, ajar aku mengakhiri pertandingan dengan baik. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar