Website counter

Sabtu, 31 Maret 2012

Sekedar Tahu

Baca : Amsal 14 : 33
Berlaku cemar adalah kegemaran orang bebal, sebagaimana melakukan hikmat bagi orang yang pandai. (Amsal 10 : 23)

Beberapa waktu lalu saya mengunjungi rumah teman masa SMA yang baru saja dianugrahi momongan. Setelah memberikan bingkisan, saya lalu masuk ke dalam kamar tidurnya untuk melihat sang bayi. Setelah itu, kami ngobrol di ruang tamu, dan teman saya menyalakan sebatang rokok sambil berbicara. Kebiasaan teman ini tak berubah sejak jaman sekolah sampai sekarang yaitu kecanduan rokok. Namun saya melihat ada sedikit perbedaan yaitu ia tak berani merokok dekat bayinya. Saya lalu iseng bertanya kenapa nggak berani menghisap rokok dekat anaknya sendiri. Ia menjawab rokok nggak baik buat kesehatan. Saya kejar lagi dia dengan bertanya kenapa nggak stop merokok. Ia berkata susah. Ia tahu merokok merusak dirinya sendiri, namun ia hanya sekedar tahu namun tak mau melakukan aksi.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, hari ini mungkin kita tidak kecanduan rokok. Namun, apakah kita melakukan suatu perbuatan yang kita tahu itu merusak diri sendiri sekaligus dosa dan tetap berulangkali kita lakukan? Kalau kita tahu bahwa apa yang kita lakukan salah dan dosa, namun terus menerus kita lakukan, kita tak ada bedanya dengan orang bebal. Semua orang Kristen tahu berbohong itu dosa, namun berapa banyak yang tetap melakukannya berulangkali dengan berbagai alasan? Semua orang Kristen tahu selingkuh itu dosa, namun sudah berapa kali kita mendengar orang Kristen selingkuh dengan berbagai alasan? Semua orang Kristen tahu mencuri itu dosa, namun berapa sering kita curi waktu saat bekerja?

Keluarga yang dikasihi Tuhan, jangan pernah menjadi orang bebal yang menjadi batu sandungan bagi orang-orang yang sedang mencari Tuhan. Jangan hanya sekedar tahu kebenaran firman Tuhan namun selalu menyangkalnya. Hiduplah sesuai kebenaran firman Tuhan sehingga orang-orang di sekitar kita merasakan dan melihat kesaksian hidup kita sebagai murid Yesus yang sejati. • Richard T.G.R

Catatan          : Renungan ini dimuat di RHK Aletea – Senin, 26 Maret 2012
Pertanyaan     : Apakah aku tanpa sadar sudah menjadi orang bebal?
Aplikasi          : Hiduplah sesuai kebenaran Firman Tuhan.
Doa                : Tuhan, ajar aku hidup dengan bijaksana. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar